Science

Penemuan Sains di Tahun 2018 yang Mesti Kamu Tahu

Palingbaru – Kian hari para peneliti terus menunjukkan hasil kerja penelitiannya. Dari yang hal biasa hingga yang luar biasa. Di penghujung tahun 2018 ini, tentu telah ada penemuan yang luar biasa selama satu tahun itu.

Nah, sebelum beranjak ke penemuan lain di tahun 2019, berikut 3 dari sekian banyak capaian sains yang berlangsung selama 2018.

Ilmuwan berhasil menemukan sebab kebakaran hutan karena burung elang

Ini tentang burung yang kerap memercikkan api ke pohon-pohon di hutan. Mereka kerap membuat kebakaran dengan tongkat yang berapi. Namun, masyarakat tempat tidak bisa menjelaskan kenapa itu bisa terjadi.

Hingga akhirnya studi terbaru dari Australia bisa mengungkap kebiasaan burung yang dinamakan “furehawk raptor” itu.

Para ilmuwan itu menemukan spesies burung yang sering membuat nyala api itu. Di antaranya adalah Black Kite (Milvus migrans), Whistling Kite (Haliastur sphenurus), dan Brown Falcon (Falco berigora).

Terobosan Membuat Hujan di Padang Sahara

Kita mungkin sudah sering mendengar hujan buatan di sekitar kita. Kali ini ilmuwan mampu membuat hujan buatan yang di luar dugaan, yakni membuat hujan di padang pasir terpanas di bumi, Padang Sahara.

Para ilmuwan itu bisa memanfaatkan kondisi panas Sahara untuk menelurkan air hujan. Mereka menggunakan cahaya matahari dan angin untuk membuat hujan buatan itu.

Menghubungkan Tiga Otak Manusia

Para ahli neurosains berhasil melakukan terobosan yang menakjubkan, mereka mampu membuat otak antarindividu saling terhubung.

Jumlah otak yang bisa dihubungkan itu sampai tiga orang. Jadi tiga orang yang terhubung itu bisa membagikan pikiran mereka satu sama lain, dalam penelitian ini mereka bisa bekerja sama dalam bermain game Tetris.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close