HealthInspirationNews & Information

Pengaruh Susu Botol Pada Kecenderungan Tangan Kidal

Palingbaru – Cara bayi dirawat dan cara ia diberi makan pada tahun pertama, ternyata bisa mempengaruhi kecenderungannya pada kidal atau tidak. Hal ini berdasarkan penelitian sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Penelitian ini melibatkan 60.000 hubungan ibu-anak, yang menunjukkan hasil berupa para bayi yang mendapatkan ASI, lebih sedikit yang kidal dibandingkan dengan bayi yang diberi susu botol, mereka cenderung banyak yang kidal.

Namun, hasil tersebut bukan berarti ASI akan mempengaruhi seorang anak untuk menjadi pengguna tangan kanan aktif, dan susu botol bisa mempengaruhi anak untuk menjadi kidal.

Setelah hasil itu, para peneliti telah menampilkan hasil berupa orang yang dominan dengan tangan kanan dipengaruhi juga oleh bawaan gen. Akan tetapi, pertalian bukan berarti penyebabnya.

Sebaliknya, penelitian ini menampilkan fakta bahwa ASI akan memainkan peran yang menarik pada sisi kendali otak pada dominasi penggunaan tangan si anak, sebuah proses yang disebut lateralisasi otak (cerebral lateralisation).

Dengan membawa data dari survei tujuh negara yang berbeda, para peneliti memberitahu bahwa dengan tiap bulan pemberian ASI, ada tren yang menurun dalam angka bayi yang kidal, dan tren ini telah berlanjut hingga usia bayi yang ke sembilan bulan.

Setelah memperhitungkan berbagai faktor lainnya yang dapat mengarah pada tangan bayi yang kidal, para peneliti menyimpulkan bahwa rentang waktu ini mesti menjadi jalan awal penting untuk membangun tangan dominan pada anak.

Waktu yang tepat untuk urusan lateralisasi otak itu adalah saat anak itu diasuh, jadi cara pengasuhan anak-anak mesti diperhatikan secara sekasama.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close