EventNews & Information

Peran Generasi Muda Koperasi & UMKM Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial Menuju Revolusi Industri 4.0

Dalam rangka mempersiapkan peran Koperasi & UMKM dalam menghadapi fenomena ekonomi milenial menuju revolusi industri 4.0, PT. Amara Satu Raya (A1R EVENT) didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi, UMKM akan menyelenggarakan pameran Koperasi & UMKM Expo 2018 yang dilaksanakan pada 15-19 Agustus 2018 bertempat di Grand City Convex Surabaya.
Pameran ini diikuti oleh kurang lebih 228 stand dengan produk unggulan Koperasi & UMKM dari dalam dan luar Jawa Timur. Pihak yang turut berpartisipasi dalam pameran ini diantaranya adalah Koperasi Usaha Kecil & Menengah (UKM) dari berbagai daerah di Indonesia, Dekranasda Jawa Timur, Kabupaten/Kota di Jawa Timur beserta mitra-mitra binaannya, UKM Binaan BUMN/BUMD, Perusahaan perbankan, Asosiasi Binaan Dinas Koperasi, UMKM Provinsi Jawa Timur, Kriya Keris Nusantara, Pengusaha kopi dan Coklat seluruh Indonesia dan Food Truck.Adapun tema yang diangkat di tahun ini adalah “Peran Generasi Muda Koperasi & UMKM Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial Menuju Revolusi Industri 4.0 ”Tema ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan produk Koperasi & UMKM untuk segera siap menuju persaingan era global. Pameran ini juga diadakan sebagai ajang untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dengan kualitas ekspor yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi masa kini, yang mampu bersaing dengan memperluas pangsa pasar melalui kegiatan pameran. Selain itu konsep yang diusung adalah City of Charm, dimana City Of Charm ini adalah sebagai media untuk lebih memperkenalkan ke 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Yang dalam tahun ini daerah yang akan kami branding adalah Kabupaten Sidoarjo.

Hal lain yang menjadikan pameran Koperasi & UMKM Expo 2018 lebih special adalah setiap harinya pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai acara menarik di area dalam pameran (indoor) maupun luar pameran (outdoor) yang dapat membantu menambah pengetahuan dalam hal pengembangan bidang usaha terutama Usaha Kecil & Menengah (UKM). Seperti halnya di hari rabu hingga jumat akan hadir banyak talkshow, workshop, dan seminar. Sedangkan di hari sabtu dan minggu akan banyak hiburan dan berbagai perlombaan seperti Cultural Zumba Dance, dan beberapa acara unggulan di tahun ini adalah SMESCO Indonesia Fashion CultureIndonesia Coffee and Cocoa Festival, Festival Kopi Jawa Timur dan pembuatan keris langsung dari pengrajinnya di area pameran Kriya Keris Nusantara.

SMESCO Indonesia Fashion Culture

Di tahun ini, SMESCO Indonesia Fashion culture sebagai acara andalan di tahun lalu akan kembali hadir di dalam rangkain acara Koperasi & UMKM Expo 2018. “Kembali bekerjasama dengan beberapa asosiasi di Jawa Timur, kami sangat berharap Indonesia Fashion culture dapat menjadi sebuah ajang fashion show yang dapat mengangkat industri fashion local yang lebih siap untuk menghadapi fenomena milenial menuju revolusi Industri 4.0 agar mampu bersaing secara global” ungkap Yusuf Karim Ungsi, SH., MM., Direktur PT. Amara Satu Raya, selaku organizer pameran ini. Ia pun mengungkapkan acara ini tidak terlepas dari beberapa asosiasi yang turut membantu dalam pelaksanaannya, seperti Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ), Komunitas Usaha Kreatif Jawa Timur (KUKJ), Persatuan Pengusaha Bordir Jawa Timur (PERSADIR), Asosiasi Pengrajin Kulit (ASPEK), Perkumpulan Perajin Perhiasan dan Bebatuan (PERABA), Asosiasi Handy craft Jawa Timur dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Surabaya.

Pameran Kriya Keris Nusantara

Merupakan sebuah bagian dari acara Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan menjadikan pameran kriya keris nusantara ini menjadi salah satu pameran keris terbesar di Indonesia dengan memamerkan sebanyak 1.745 Keris dari seluruh nusantara. Pameran ini menjadi salah satu ikon tersendiri pada Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan diadakannya live pembuatan keris mulai dari hari pertama hingga hari terakhir pameran. Hal ini diharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai warisan budaya terutama pusaka yang harus selalu dilestarikan.

Indonesian Coffee and Cocoa Festival 

Pameran produk kopi dan coklat dari nusantara juga merupakan bagian dari acara Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan mengangkat produk biji dan coklat yang berkualitas ekspor. Terdapat ceremonial pemberangkatan container biji kopi yang akan dieksport langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Timur. Hal ini diharapkan dapat mengembangkan industry agro khususnya kopi dan coklat sehingga dapat bersaing dan mencapai pangsa pasar internasional.

SMESCO Kuliner dan Foodtruck Festival 

Selain pameran pada area indoor Grand City Convex Surabaya, pada area outdoor terdapat festival kuliner yang akan diramaikan oleh komunitas foodtruck serta beberapa stand kuliner yang dapat memanjakan lidah para pengunjung Koperasi dan UMKM 2018. Dengan mengangkat komunitas foodtruck, festival kuliner tahun ini dapat memberikan kesan yang lebih kekinian dan milenial sehingga dapat menarik pengunjung untuk lebih nyaman pada area kuliner.

Peningkatan kualitas pengelolaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur 

Dalam memperingati Hari Koperasi ke-71, tahun ini tema yang diangkat pada koperasi dan UMKM Expo 2018 menekankan pada peran generasi muda, koperasi dan umkm menghadapi fenomena ekonomi milenial menuju revolusi industri 4.0. Diharapkan pada tahun ini koperasi dan umkm dapat menggerakkan seluruh generasi khususnya anak-anak muda agar lebih kreatif dan inovatif untuk dapat menghasilkan ide terbaru, produk-produk terbaru yang mampu bersaing pada era modern saat ini.

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, S.H. M.Hum menyebutkan “Dengan semakin berkembangnya perdagangan online, maka pelaku usaha koperasi dan umkm juga harus memanfaatkan peluang ini” dikutip pada sambutan beliau saat opening ceremony Koperasi dan UMKM Expo 2018 (15/08). Kedepan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengembangkan wadah e-commerce untuk memfasilitasi pemasaran online koperasi dan UMKM Jawa Timur agar tidak kalah dalam persaingan bisnis.

“Harapannya pencapaian pada pelaksanaan Koperasi dan UMKM Expo 2018 ini adalah lebih banyak lagi pelaku koperasi dan umkm yang berpartisipasi agar pemerintah dan masyarakat luas lebih dapat menggali potensi keunggulan produk-produk K-UMKM” dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M pada opening ceremony Koperasi dan UMKM Expo 2018 (15/08).

Pada pameran kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur telah mengikut sertakan binaannya yang mendisplay Produk Unggulan dan Kualitas Export dari 38 Kabupaten / Kota di Jawa Timur dan beberapa Produk Unggulan Creative Trading House (CTH) yang meliputi : Fashion seperti Batik, Tenun, Songket, Sutra, Kulit dan Bordi, selain itu ada pula kriya seperti handy Craft, souvernir, aksesoris dan aneka olahan Makanan dan Minuman, Herbal, Produk Kulit, Agro & Food, Furniture, Beauty & Cosmetic dan jasa-jasa Perbankan dan BUMN.

 

*****

Tentang Koperasi & UMKM Expo 2018 :
Pelaksanaan :
15 – 19 Agustus 2018
Grand City Convention & Exhibition Surabaya
Luas Area Pemeran
Koperasi & UMKM Expo 2018     +/- 4.042 sqm

Jumlah Peserta
Koperasi & UMKM Expo 2018     +/- 228 UMKM

3_52.jpg

Koperasi & UMKM Expo 2018 secara resmi telah dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, didampingi oleh Ibu Dra. Hj. Nina Soekarwo, Kepala Dinas Koperasi & UKM Prov. Jawa Timur beserta istri, dan Bupati Sidoarjo beserta istri.

1_22.jpg

Bapak Gubernur Jawa Timur beserta istri turut mencoba proses pembuatan batik

2_84.jpg

4_33.jpg

Bapak Gubernur Jawa Timur melakukan pengukiran dan penempaan keris di area Kriya Keris Nusantara

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close