HealthNews & Information

Perbedaan Telur Biasa Dengan Telur Omega 3

Palingbaru – Telur merupakan bahan makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh manusia. Telur merupakan bahan makanan kaya protein dengan harga yang terjangkau. PiBi bisa membuat berbagai makanan dengan telur. Mulai dari hidangan utama sampai hidangan penutup yang manis, hingga makanan untuk sarapan maupun menu makan malam.

Mungkin PiBi lebih sering mengkonsumsi telur ayam kampung biasa. Apa PiBi mengetahui telur omega 3? Telur omega 3 merupakan telur dengan kandungan gizi yang menyehatkan. Telur omega 3 juga dihasilkan oleh ayam pada umumnya, hanya saja telah diproses secara ilmiah untuk memiliki kandungan yang lebih sehat.

telur omega 3 1

Di Indonesia sendiri, Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan rekayasa teknologi untuk memperkaya kandungan telur dengan omega 3 pada tahun 1995. Proses meningkatkan kualitas telur ayam ini telah dipatenkan pada tahun 2009.

Telur omega 3 memiliki kandungan ALA, DHA, dan EPA yang biasa ditemukan dalam kadar tinggi pada ikan salmon, tuna, dan kuni telur.  Telur omega 3 cocok dijadikan makanan alternatif untuk pengidap gangguan jantung dan kolestrol. Kandungan asam lemak omega 3-nya saja mencapai lebih dari 3 kali kandungan yang ada pada telur ayam biasa.

telur omega 3

Selain memiliki kandungan yang berbeda tingkatannya, telur omega 3 juga memiliki tampilan yang berbeda dengan telur ayam kampung biasa. Telur omega 3 memiliki kuning telur dengan warna yang lebih pekat dan gelap, seperti warna oranye. Kuning telurnya juga tidak mudah pecah dan tidak mudah dipisahkan dari putih telur.

Dengan khasiat yang lebih manjur dan proses teknologi pangan yang canggih, telur omega 3 pastinya memiliki harga yang lebih mahal, sekitar 3 kali lipat lebih mahal dari harga telur ayam kampung biasa. Mau sehat memang mahal ya, PiBi.

 

by. Bernadetta Yucki 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close