Uncategorized

Persiapan menikah, apa saja ya?

Hai, PiBi! Bagi kalian yang sudah memasuki usia-usia matang pastinya sering kali mendapat pertanyaan “Kapan nikah?” dari teman-teman, keluarga, dan kerabat lainnya yang bikin tambah pusing. Kalian mungkin sudah kepikiran untuk menikah, tetapi bingung bagaimana cara memulainya atau bingung apa saja yang perlu disiapkan. Tenang, PiBi! Jangan pusing. Tim kami punya beberapa tips langkah demi langkah untuk kalian yang mau memulai persiapan pernikahan dengan pasangan.

Persiapan 9 – 12 Bulan Sebelum Menikah

  1. Tentukan Tanggal Istimewamu

Tahap pertama yang penting adalah menentukan tanggal kapan kamu dan pasangan akan melangsungkan pernikahan. Biasanya pada tahap ini didiskusikan dengan pasanganmu dan keluarga inti. Setiap keluarga pastinya memiliki budaya yang berbeda-beda, ada yang mengharuskan menghitung tanggal dan sebagainya. So, sebelum mengurusi yang lain diskusikan dulu tanggal pasti pernikahanmu ya!

2. Buat Daftar Undangan dan Tentukan Budget Pernikahan

Selanjutnya buatlah daftar undangan untuk keluarga dan teman-teman dekat kalian. Tentukan berapa undangan yang akan diundang. Dan yang paling penting adalah tentukan budget pernikahan. Budget adalah hal yang cukup krusial dalam pernikahan. Kalau tidak dikelola dengan baik bisa over budget lho, PiBi..

3. Book Venue, Catering dan Dekorasi Tempat

Berikutnya survey venue, bisa outdoor dan indoor, tergantung kesepakatan kamu dengan pasangan. Jika sudah ‘klik’ mending cepat-cepat book venue, agar harga venue tidak naik, PiBi.. selain itu agar venue tersebut nggak keduluan orang lain. Selain survey venue jangan lupa untuk survey catering dan dekorasi ya, PiBi. Kalau mau lebih praktis, cari venue yang sudah bisa merangkap semuanya!

3 – 8 Bulan Sebelum Menikah

4. Lamaran, Pesan Cincin dan Urus Administrasi di KUA

Kalau persiapan tahap awal sudah fix, kalian bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu, lamaran. Bagi calon pengantin laki-laki jangan lupa untuk persiapan seserahannya ya.. Nah, pesan cincin bisa dilakukan sebelum lamaran ataupun setelah lamaran, tergantung kesepakatan kalian berdua, PiBi. Tentukan cicin pernikahan kalian dari segi bahan, bentuk dan sebagainya. Kemudian urus administrasi di KUA. Berkas-berkas apa saja nih yang perlu disiapkan, PiBi? KTP pemohon, pasangan pemohon & orang tua pemohon, slip gaji 3 bulan terakhir, kartu keluarga, NPWP, rekening listrik, BPKB kendaraan, buku tabungan & PBB. Bagaimana? Sampai sini yakin sudah siap kan, PiBi?

5. Buat/Sewa Baju Pernikahan dan Foto Pre-Wedding

Hal berikutnya adalah membuat atau menyewa baju pernikahan sesuai dengan keinginanmu dan pasangan. Tentukan model dan warna yang sesuai dengan warna nuansa dari dekorasi pernikahan kalian. Kemudian agendakan foto pre-wedding sebagai kenang-kenangan setelah menikah nanti!

6. Cetak Undangan

Tentukan bentuk dan desain undangan bersama pasanganmu, kemudian cetak sesuai dengan daftar undangan yang sudah kalian buat sebelumnya.

1 – 2 Bulan Sebelum Menikah

7. Kirim Undangan

Setelah cetakan undangan selesai, waktunya kirim-kirim undangan kepada keluarga dan teman-teman dekat!

8. Technical Meeting dengan Seluruh Vendor

Luangkanlah waktu untuk technical meeting dengan seluruh vendormu untuk saling berkoordinasi demi kelancaran hari H. Jangan lupa untuk undang keluarga intimu juga, PiBi.

9. Perbanyak Doa, Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan, Jaga Kesehatan Tentunya & Think Positive 🙂

Setelah semua langkah-langkah dilakukan, langkah terakhir adalah berdoa kepada Tuhan untuk kelancaran hari H. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan agar kalian semakin kompak. Walaupun mengurusi pernikahan itu melelahkan, tetapi jaga stamina tubuh agar tetap prima itu penting ya, PiBi. Ingat, ini adalah hari spesialmu, kalian nggak mau kan hari spesialmu menjadi kurang optimal karena tubuhmu yang drop. Langkah terakhir adalah tetap berpikir positif dalam segala hal, karena dapat membuat suasana yang positif pula!

Selamat mempersiapkan hari spesial kalian, PiBi! Good luck ya!

(HS)

Sumber: Danika

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close