News & InformationScience

Pertama Kali Didunia, Kantor berita Xinhua Gunakan Presenter Virtual

PalingBaru- Untuk pertama kali didunia sebuah stasiun televisi di china menggunakan penyiar berita virtual. Sosok tersebut membacakan berita bak penyiar TV professional, tampil seperti manusia di depan layar kaca televisi.

Orang yang melihatnya, tidak akan mengira pembaca berita adalah sosok virtual bukan manusia beneran.

Pembaca berita virtual ini adalah kolaborasi antara kantor berita Xinhua dan masin pencari Sogou yang berbasis di Beijing. Suara pembaca berita virtual, gerakan bibir, dan ekspresi wajah berdasarkan pada presenter berita manusia yang bekerja di Xinhua yang diterapkan dalam bodi animasi.

Teknologi ini adalah salah satu terobosan dari teknologi kecerdasan buatan (Artifical Intelegent/AI). Dalam, video berdurasi 1 menit 14 detik ini, AI menyatakan siap membacakan berita setiap saat.

Baca Juga : Beginilah Rupa Manusia, Seribu Tahun Mendatang

“Halo, Anda melihat program berita bahasa Inggris. Saya akan bekerja tanpa lelah untuk membuat Anda tetap mendapat informasi karena teks akan diketik di sistem saya tanpa gangguan, aku menanti untuk membawamu ke pengalaman baru” kata penyiar buatan tersebut.

Selain penyiar virtual yang membawakan berita bahasa inggris, ada juga penyiar virtual yang mampu membawakan bahasa China.

Melalui situs web dan media sosial, Xinhua mengatakan dengan cara ini, presenter mampu bekerja 24 jam sehari. Hal ini disebut-sebut mampu mengurangi biaya produksi berita. Xinhua mengklaim, teknologi ini mampu menyebarkan laporan berita secara tepat waktu.

Namun, salah satu professor dari Universitas Oxford Michael Wooldridge seperti yang ditulis BBC, menyatakan presenter virtual yang ditampilkan Xinhua terlalu membosankan. Pembawaannya yang cepat dan tidak memiliki ritme membuat penonton akan jenuh apabila harus menontonnya berlama-lama.

Baca Juga : Atlas, Robot yang Bisa Parkour

Sementara itu, penelitian lain dari Universitas Oxford Deloitte memperdiksi, dalam kurun waktu 20 tahun kedepan, 35 persen pekerjaan di UK mengalami resiko tinggi digantikan oleh Komputer. Dengan terobosan kantor berita Xinhua, tidak menutup kemungkinan presenter menjadi salah satunya.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close