News & InformationScienceSpaceTechnology

Pesawat Antariksa ini Mencapai Kawasan Terjauh Ruang Angkasa

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, matahari yang menyinari bumi dan planet lainnya tentu punya jangkauan. Artinya, ada daerah nan jauh di sana yang nyaris tidak terasa kena cahayanya.

Jarak tempat itu pastinya jauh. Tetapi NASA berhasil menaklukkan jarak itu, karena pesawat antariksa yang dikirim olehnya ke sana kini sudah sangat dekat dengan lokasi tersebut.

Sumber: NASA

Pesawat yang terbang kesana bernama New Horizons sementara nama lokasi yang dituju adalah Ultima Thule. Tempat ini disebut-sebut sebagai wilayah batu ruang angkasa yang terpencil.

Ultima Thule itu masih masuk derahnya Kuiper, lingkaran reruntuhan batu yang melingkar di kawasan es terluar dari jangkauan cahaya matahari.

Keadaan di sana sangat gelap dan dingin, bahkan para ilmuwan tidak tahu pasti seperti apa kondisi di sana. Mereka hanya tau informasi tentang ukuran dan bentuknya, yang telah diselidiki pada musim panas lalu.

New Horizons akhirnya akan tiba di tempat itu, suatu lokasi yang sudah ditargetkan sebelumnya, yang akan sampai sekitar dini hari pada tanggal 1 Januari 2019.

Nanti, ia akan mengambil gambar secara dekat apa pun yang yang terlihat dari pesawat tersebut. Kemudian gambar itu akan dikirim ke bumi.

Seorang ilmuwan bernama Alan Stern mengklaim ekspedisi ini sebagai penjelajahan yang terbilang liar. Karena sebelumnya, belum pernah ada yang bisa melihat daerah Kuiper, dan tak ada yang pernah menjelajah objek yang sangat dingin ini.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close