ScienceSpaceTechnology

Pesawat Antariksa Nasa Temukan Materi Pembentuk Air di Asteroid Bennu

Palingbaru – Buat kamu yang udah tau soal kabar mendaratnya pesawat antariksa Nasa di satu asteroid bernama Bennu, pasti penasaran kan gimana kabar selanjutnya.

Nah, sebagaimana tujuan dari ekspedisi ini yang ingin mengkaji asal-usul kehidupan alam semesta. Kabarnya, sebagaimana dikutip dari The Independent, pesawat antariksa itu telah berhasil menemukan bahan pembentuk air.

Sumber: www.nasa.gov

Penemuan ini disebut-sebut sebagai pencapaian yang luar biasa. Dan diharapkan bisa cocok dengan penemuan lainnya di masa mendatang.

Para ilmuwan berharap pada pesawat OSIRIS-REx tersebut, supaya bisa mengungkap misteri dari asteroid berukuran gedung pencakar langit itu.

OSIRIS-REx menemukan bahan yang diduga pembentuk air ini ketika ia terbang mendekati permukaan asteroid tersebut untuk mengambil molekul karbon dioksida dan oksigen.

Soal penemuan air ini, para ilmuwan menghubungkannya dengan fakta tentang air yang kaya mineral dari masa sistem tenaga surya.

Dan benda-benda langit seperti asteroid berada di antara puing-puing dari formasi sistem surya yang terjadi pada 4.5 milyar tahun silam.

Sumber: www.nasa.gov

Para ilmuwan meyakini bahwa asteroid itu menyimpan petunjuk tentang asal usul kehidupan di bumi, karena mereka menduga asteroid dan komet pernah bertabrakan dan jatuh ke bumi.

Hasil tabrakan benda langit itu diduga kuat membawa gabungan bahan organik dan air untuk menyemai kehidupan di planet.

Asteroid Bennu sendiri diduga kuat mengandung bukti-bukti kuat yang mendukung dugaan asal usul kehidupan dari para ilmuwan, walau bukti tersebut dalam bentuk materi yang besarnya skala atom.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close