Hampir semua orang di era digital ini terjangkit sebuah sindrom yang bernama Nomophobia. Kamu tahu Nomophobia kan? Yap, sindrom ini merupakan gejala kecemasan yang diikuti rasa takut ketika kamu tidak bisa lagi mengakses gadget kesayanganmu. Istilah Nomophobia sendiri merupakan penggabungan dari beberapa kata, yakni no-mobile-phone-phobia.

Kalau kamu termasuk orang yang terkena Nomophobia, maka kamu harus cepat menyembuhkannya, PiBi. Sadar atau tidak, kecanduan gadget itu bisa merubah kehidupanmu loh, terlebih hubunganmu dengan sosial akan terbengkalai. Contoh kecil saja, saat kamu kumpul bersama teman, pasti kamu sibuk main ponsel sendiri kan? Bukannya asik bercerita atau bersedagurau, tapi kamu lebih asik merunduk menatap gadget. Lalu saat ingin tidur, anak jaman now pasti tidak bisa jauh dari gadget. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan. Tapi itulah fakta saat ini. Benar kan?

Nah, untuk menyembuhkan sindrom Nomophobia ini, seorang desainer sekaligus peneliti bernama Klemens Schillinger menciptakan sebuah perangkat kloningan gadget yang bernama Substitute Phone. Kalau kamu ingat, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai lampu pintar untuk menghilangkan candu gadget kan? Dan yang menciptakannya adalah Klemens Schillinger. Yap, desainer ini memang sangat fokus menciptakan produk-produk untuk menghilangkan sindrom Nomophobia.

Soal kemampuan, mungkin sederhana. Tapi untuk manfaatnya, kamu tidak boleh meragukan Substitute Phone loh, PiBi. Alat ini sengaja dirancang untuk mengendalikan hasrat manusia dalam kecanduan smartphone mereka. Bentuknya sih sama seperti smartphone pada umumnya, tapi pada bagian tengah bodi terdapat serangkaian manik-manik batu.

Manik-manik batu tersebut berfungsi untuk menirukan berbagai macam gesture di smartphone, seperti swipe, zoom, pich, dan lain-lain. Jadi, saat kamu ingin memainkan gadgetmu, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut pada Substitute Phone ini. Jadi, diharapkan dengan munculnya Substitute Phone dapat perlahan-lahan mengurangi kebiasaan orang akan candunya terhadap smartphone.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar