Uncategorized

Puaskan Perut Dengan Hidangan Khas Kota Gresik. Super Nikmat dan Khas!

Gresik dikenal dengan sebutan Kota Santri. Atau bahkan jika mendengar kata “Gresik” justru yang terlintas dipikiran kamu adalah semen dan pabrik. Ya, Gresik juga dikenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik. Jika kamu bertandang ke Gresik, wajib banget hukumnya untuk berkuliner ria. Karena, ada banyak sekali hidangan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dijamin lidah dan perut kamu akan terpuaskan. Tim Paling Baru telah membuatkan beberapa daftar makanan yang wajib kamu coba ketika di Gresik, berikut daftarnya:

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan kuliner khas Gresik. Sekilas tampilan Nasi Krawu tidak berbeda dengan nasi campur pada umumnya. Yang membedakannya adalah disajikan diatas daun pisang dengan nasi yang sangat pulen. Biasanya lauknya berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, serundeng dan sambal terasi yang pedas. Nasi Krawu dapat dengan mudah kamu temui di Kota Gresik, yang terkenal adalah Nasi Krawu Buk Tiban berlokasi di Jl. KH. Abdul Karim dan Nasi Krawu Bu Ria yang berlokasi di perempatan Jl. JA. Suprapto.

Nasi Krawu Bu Tiban (foto: gregetin.com)

Baca Juga: Look Fat!! Complete Event di Trans Studio Mall Bandung 20-24 April 2016

2. Nasi Romo

Nasi Romo atau dikenal juga Sego Romo memiliki tampilan cukup unik dan berbeda. Baluran kuah kental yang berwarna oranye kemerahan ini menutupi bagian atas sehingga tidak menunjukkan bentuk nasi atau lontongnya. Bubuk sebagai pelengkap, sambal dan kerupuk semakin menambah semarak tampilannya. 

Baca Juga: 5 Kuliner di Banyuwangi yang Tidak Boleh di Lewatkan! Nikmat dan Mantap Abis!!

Didalam Nasi Romo terdapat daun singkong dan daun api-api rebus serta remahan krupuk atau rempeyek. Rasanya sangat gurih dan nikmat sekali. Saat ini kehadiran Nasi Romo di Gresik agak sulit untuk ditemui, yang sampai saat ini ada berada di di belakang Pasar Gresik. Tepat nya di Desa Sukodono Kali Tutup Pasar Gresik Kota. Untuk berburu Nasi Romo kamu harus bangun pagi, karena biasanya mereka berjualan di pagi hari saja mulai pukul 05:30 WIB-10:00 WIB.

Nasi Romo Khas Gresik (foto: cumilebay.com)

Baca Juga: Event Seru Terbaru! Festival Kuliner Nusantara 2016 di Jakarta

3. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng (foto: sajian nusantara)

Otak-otak Bandeng adalah kuliner khas Gresik yang wajib dicicipi. Pasalnya, kenikmatannya sungguh menggoyang lidah dan memuaskan perut. Otak-otak bandeng terbuat dari ikan bandeng yang dipisahkan antara kulit dan daging, kemudian dagingnya dihaluskan. Lalu, daging bandeng diberi bumbu-bumbu khas yang sudah disiapkan dan  dimasukkan kembali ke dalam ikan. Setelah itu ikan dikukus hingga matang. Untuk menikmati Otak-otak Bandeng kamu bisa mampir ke Rumah Makan Bandeng Pak Elan yang berada di jalan Veteran 100 Gresik atau depan PT. Semen Gresik.(TR)

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close