I Like ItTraveling

Pulau Lanjungkang Surga Tersembunyi di Kota Makassar yang Tak Kalah Dengan Bali

PalingBaru- Seolah tak mau kalah dengan keindahan Bali, kini wilayah Indonesia timur kian berkembang dengan spot wisatanya.

Potensi wisata bahari semakin diekspos dikancah nasional maupun internasional, namun sayangnya lokasi wisata ini justru letaknya jauh dari keramaian, tersembunyi puluhan kilo meter dari daratan bahkan nyaris terlupakan.

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir karena jaraknya yang jauh sebanding dengan ke eksotisannya.

Berpetualanglah ke Pulau Lanjungkang, pulau terluar di wilayah Indonesia Timur ini salah satu diantara gugusan kepulauan Sperminde, yang saat ini menjadi primadona wisatawan.

Walaupun berada diperbatasan, secara geografis pulau ini masih termasuk wilayah Kota Makassar.

Pulau Lanjungkang dikenal juga dengan nama lain yaitu Lanyungkang dan Laccukang, nama tersebut memiliki arti “lanjutkan”.

Sejarah tersebut berasal darii nelayan yang sering menjadikan Pulau Lanjungkang sebagai tempat beristirahat selepas berlayar mencari ikan.

Pulau Lanjungkang sendiri memang dikenal dengan beragam jenis ikannya, maka para nelayan berbondong-bondong mencari ikan di wilayah tersebut.

Jika ingin bertandang ke pulau ini, anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi ke Pelabuhan Paotere, angkutan ini juga bisa ditemukan di bandara Hasanuddin.

Setelah sampai dipelabuhan, anda bisa menyewa kapal kayu milik penduduk setempat dengan kisaran harga satu juta sampai satu juta lima lima ratus ribu untuk perjalanan pulang dan pergi. Meskipun terbilang mahal, kapal kayu ini bisa menampung kurang lebih 10 orang.

Selain transportasi yang kurang memadai, fasilitas umum di pulau ini juga belum berkembang. Untuk yang akan berlibur kesini anda wajib membawa lampu emergency karena listrik di Pulau Lanjungkang hanya menyala dari pukul 17.30 hingga 21.00 WITA.

Untuk air bersih saja diambil dari sumur air payau yang berada di bagian tengah pulau. Yang paling penting adalah stok makanan, air minum dan lotion anti nyamuk, karena nyamuk disini cukup banyak.

Di pulau ini kapal besar belum bisa berlabuh karena belum dilengkapi dengan fasilitas dermaga. Namun sudah ada dua buah resort semi permanen yang dibangun untuk wisatawan asing yang akan bermalam.

Walaupun minimnya fasilitas umum dan jauh dari keramaian, Lanjungkang memiliki pasir putih yang masih bersih dari sampah plastik. Air lautnya pun sangat jernih sehingga menciptakan gradasi warna yang ciamik. Ribuan terumbu karang masih terjaga dengan baik, ikan-ikan yang cantik saling hilir mudik dilautan lepas. Anda dijamin betah untuk berlama-lama dipulau ini, keindahan ciptaanNya yang membius mata.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close