News & InformationScience

Rayap Kuno Mampu Membangun Piramid ? Simak Faktanya Berikut Ini

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, Percayakah kamu apabila ada rayap yang mampu membangun piramida ? Tentu saja jangan dibayangkan layaknya piramida di Mesir, besar dan sangat megah.

Piramida buatan rayap ini berupa gundukan tanah berbentuk mengerucut mirip piramida, uniknya jumlahnya tidak satu, tapi jutaan.

Ini adalah bagian dari fenomena dunia yang hanya bisa ditemui di Caatinga, Brasil. Gundukan pasir itu berdiri secara berpencar satu sama lain.

Fenomena gundukan tanah di Brasil foto by Martin et al sumber www.sciencealert.com

Luas sebarannya sebesar Britania Raya, atau sekitar 230 ribu kilometer persegi. Berdasarkan sampel yang telah diteliti, bangunan ini diketahui sudah dibangun sejak 4 ribu tahun yang lalu.

Sebagaimana yang dikutip dari indpendent jumlah gundukan yang berbentuk kerucut ini sebanyak 200 juta, dengan tinggi rata-rata 2,5 meter, dan lebar fondasinya 9 meter.

Siapa sangka bahwa bangunan tersebut dibuat oleh rayap, independent bahkan menyebut, super koloni rayap membangunnya sejaman dengan pembangunan piramida kuno di mesir, betapa kebetulan.

Bahkan, Sciencealert berani mengatakan dari sekitar 200 juta gundukan tanah merepresentasikan 4000 piramida besar, usianya  sekitar 4000 tahun.

Memang ini adalah temuan baru utamanya informasi tentang ukuran hingga jumlah gundukan ini, karena sebelumnya masih misteri.

Orang pertama yang tahu tentang ini adalah biolog bernama Roy Funch dari Brazil’s Universidade Estadual de Feira de Santana. Gudukan-gundukan pasir misterius itu pertama kali ia lihat di awal 1980-an.

Foto gundukan tanah di Brasil foto oleh Martin et al sumber, www.sciencealert.com

Pada tahun yang sama, Funch untuk pertama kalinya memperkiranan jumlah gundukan tersebut. Ia menyebut angka 90 juta dan baru baru ini ia kemudian revisinya.

Funch menyebut gundukan itu sebagai ‘biopedoturbasi’ serangga dengan bentangan yang besar dan belum pernah dicatat ilmuwan sebelumnya.

Tentang siapa yang membuat gundukan ini, sejak awal orang lokal menganggap gundukan ini dibuat oleh rayap-rayap, ada juga yang menduga dibuat oleh gerombolan semut, atau makhluk sejenisnya.

Namun, jumlah dan skalanya diluar dugaan, “orang-orang tidak percaya skalanya, itu sangat besar dan ini benar benar diluar akal sehat,” ungkap Funch seperti yang dikutip oleh sciencealert.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close