News & InformationRobotScienceTechnology

Restoran ini Menggunakan Robot sebagai Kokinya

Palingbaru – Kian hari kayaknya kita udah enggak asing lagi sama robot. Kabarnya memang demikian, makhluk buatan manusia ini akan mengambil peran dalam beberapa pekerjaan manusia. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.

Misalnya nih, seperti di restoran burger Amerika Serikat yang bernama Creator. Seperti yang disebutkan oleh BBC, tempat makan itu terletak di San Fransisco dan kehadirannya masih cukup baru.

Bedanya restoran ini dengan yang lainnya adalah pada chefnya. Kalau yang lain masih menggunakan tenaga manusia, ini sudah menggunakan robot.

Sumber : Creator.rest

Kemampuan robot itu bisa membuat 120 burger dalam satu jam. Ia mengolahnya dari menggiling daging, membentuk burgernya, mengiris tomat, memarut keju, hingga membumbuhi penyedap makanan. Bahkan robot ini bisa menyediakan burger dengan banyak rasa terkhusus untuk varian saus, keju, dan toppingnya.

Pekerjaan itu semua tentu tidak hanya dilakukan satu robot saja tapi, dengan melibatkan beberapa robot yang telah punya tugas masing-masing. Mereka semua dikendalikan oleh sebuah mesin pembelajaran algoritma.

Mesin tersebut berinteraksi dengan 11 sensor yang dipasang di ruang masak, gunanya untuk menjamin bahwa burger yang dipesan pelanggan telah matang.

Untuk robot pembuat burgernya sendiri dibekali 350 sensor, 50 alat pengendali dan 20 komputer. Insinyur yang ada di balik canggihnya dapur restoran ini adalah Alex Vardakostas. Menurut dia, robot yang ia buat tersebut diprogram untuk mengerjakan setiap pekerjaan dengan teliti.

Sumber : Creator.rest

Mulai dari pekerjaan membuat topping, menakar bumbu-bumbu dan hiasan, juga memotong roti burger, robot tersebut bisa mengerjakannya dengan sangat memperhatikan presisi.

Restoran Creator ini satu dari sekian rumah makan yang mulai menggunakan robot dan kecerdasan buatan. Tujuannya adalah untuk membuat pengalaman baru bagi para pelanggan.

Gimana sahabat Pibi, mau nyicip gak masakan robot ini?

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close