AnimalNews & Information

Ribuan Ikan di Australia Mati Karena Lumut Beracun

Palingbaru – Australia mengalami bencana lingkungan yang tidak pernah terjadi sebelumnya, sebagaimana dalam laporan Science Alert, ribuan ikan kakap putih mati di aliran sungai Darling.

Sungai ini terletak di kota kecil Australia bernama Menindee. Ada beberapa yang menganggap kematian ini karena lumut yang beracun yang tersebar di aliran sungai tenang tersebut.

Situasinya dari hari ke hari justru tidak menandakan lebih baik, pasalnya kematian ikan itu sebelumnya hanya ratusan saja, tetapi di hari berikutnya mencapai ribuan.

Sungai Darling sendiri diklaim sebagai area yang dihuni oleh 10 ribu ikan sepanjang 40 km, dan ikan sebanyak itu masih terancam hidupnya atas bencana ini.

Pemerintah negara bagian New South Wales sejauh ini baru mengonfirmasi peningkatan kematian itu yang mencapai ribuan. Terlepas angka Kematian ikan tersebut, malapetaka ini merupakan bencana ekologis yang belum terjadi sebelumnya di wilayah perairan itu.

Sumber: Twitter (Jane MacAllister)

Seorang manajer industri penangkapan ikan bernama Ellis mengaku tak pernah melihat kejadian ini sebelumnya, di mana ikan terbunuh dengan angka sebesar itu dalam satu waktu dan di satu sungai yang sama.

Departement of Primary Industries (DPI) menganggap panjangnya musim kemaraulah yang menjadi penyebab dari semua ini, karena kondisi tersebut memicu perkembangan lumut yang berdampak pada kematian ikan-ikan lokal. Menurutnya, kondisi ini adalah gabungan dari suhu yang panas dan suplai air rendah yang telah berlangsung lama.

Namun, ada pihak yang mengklaim insiden ini sebagai ulah tangan manusia. Ungkapan tersebut muncul dalam video yang viral di laman Facebook yang menampilkan mayat ikan di sungai berarus tenang.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close