RobotTechnology

Robot Anjing Aibo, Berkembangnya Popularitas Robot Pendamping

Palingbaru – Apa PiBi menyukai hewan peliharaan anjing? Apalagi anak anjing yang lucu dan suka bikin gemes. Namun, memelihara anjing bukan ‘lah yang gampang, butuh waktu tenaga dan kesabaran untuk melatih anjing agar taat. Jangan hanya ingin senangnya saja tapi tidak mau merawat.

Buat PiBi yang masih ingin memiliki anjing namun tidak ingin repot, yuk, kenalan dengan Aibo, si anjing AI (Artificial Intelligent) yang pandai dan ramah.

Aibo terlihat seperti anak anjing, meski hanya menggunakan pendekatan robot. Anjing robot satu ini dapat bersuara samar-samar seperti anjing asli, berjalan mengelilingi rumah, bermain dengan mainan, mendengarkan perintah, dan kadang-kadang bisa juga bertingkah tidak wajar untuk memberikan setuhan alami. Anjing robot ini juga dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah untuk berinteraksi secara berbeda. Layaknya anjing asli, Aibo juga bisa mengenali pemiliki maupun orang asing dan dimanifestasikandengan sifat interaksi yang berbeda.

2. aibo robot

Teknologi AI masih terus dipelajari dan dikembangkan terus menerus untuk menciptakan robot pendamping. Bagaimana teknologi buatan dapat seakan-akan memiliki perasaan dan memberikan emosi layaknya makhluk hidup untuk kebutuhan ilmu pengatahuan yang berguna bagi manusia golongan tertentu juga.

Aibo diluncurkan pertama kali pada 2018 silam oleh Sony Electronic dengan nama produk pertama “Aibo First Litter Edition”. Dilansir dari Cnet, edisi terebut langsung terjual ludes karena bersifat terbatas, ungkap pihak Sony.

1. aibo robot

Pasar robot konsumen di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh dari $ 3,8 miliar pada tahun 2015 menjadi $ 34,1 miliar pada tahun 2022, menurut sebuah laporan oleh perusahaan riset P&S Intelligence. P&S mengharapkan robot pendamping, kategori kecil di dalam pasar robot konsumen, untuk tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan tertinggi (CAGR) antara 2016 dan 2022.

Firma riset MarketsandMarkets mengatakan pasar AI kemungkinan akan tumbuh dari $ 21,5 miliar pada 2018 menjadi $ 190,6 miliar pada 2025.

Pada dasarnya, Aibo hanyalah permulaan, contoh awal dari robot pendamping dengan AI canggih yang agak terjangkau dan tersedia untuk pasar konsumen.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close