SpaceTechnology

Robot InSight Berhasil Mendarat Mulus di Planet Mars

PalingBaru- Kabar gembira bagi dunia penelitian antaraiksa. Robot bernama InSight yang diciptakan lembaga antariksa NASA berhasil mendarat di planet Mars. Robot ini membawa misi berbeda dari robot-robot sebelumnya. Ia akan melakukan penelitian bagian dalam planet merah tersebut.

Dilansir dari laman NASA, robot InSight dilncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California pada 5 Mei lalu. Dan pada tanggal 26 November, robot insight berhasil mendarat di Mars.

Pendaratan berlangsung dramatis. Semua kru di mission control California, nampak harap-harap cemas selama beberapa menit menanti robot insight mendarat. Namun kecemasan tersebut sirna ketika mereka mengetahui bahwa insight berhasil mendarat dengan selamat. Sorak gembira pun memenuhi isi ruangan.

Bagaimana tidak cemas, seperti pendaratan di misi-misi sebelumnya, usaha InSight mendarat ke Mars selama 7 menit berlangsung menegangkan. Pasalnya, hanya 40% misi NASA ke Mars yang menuai kesuksesan.

Robot InSight mendarat di dataran bernama Elysium Planitia dan langsung mengirimkan foto pertama yang dijepretnya dari Mars. Nantinya, InSight akan mengirimkan foto secara rutin dengan kualitas yang baik.

Tugas insight berbeda dengan robot-robot sebelumnya yang menghuni Mars. Robot ini akan mempelajari interior Mars sehingga para ilmuwan diharapkan mendapatkan pengetahuan bagaimana konstruksi planet Mars mulai dari bagian inti sampai ke permukaan.

Tugas pertama InSight dalam minggu pertama setelah mendarat adalah mengummpulkan data sains. Selain itu tim akan fokus menyiapkan dan mengantur instrument InSight di tanah Mars.

Dua hari setelah mendarat, tim Teknik akan mulai mengatur untuk menggunakan lengan robot sepanjang 1,8 meter, sehingga mampu mengambil gambar secara lanskap.

Sebelumnya, NASA sudah pernah berhasil mendaratkan robot di planet Mars. Robot bernama Curiosity mendarat pada bulan Agustus 2012 lalu di Kawah Gale, Mars.

Namun robot ini memiliki misi berbeda dengan robot InSight, yakni menjelajah permukaan Mars. Rencananya, tahun 2020 NASA akan kembali meluncurkan robot di planet merah itu.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close