Rusia merupakan negara yang memiliki daratan terluas di dunia. Negara yang terbentang di dua benua ini juga dikenal dunia karena negara ini memiliki teknologi yang sangat maju terutama pada peralatan perangnya. Rusia tidak henti-hentinya melakukan inovasi, salah satunya melakukan pembaruan terhadap semua peralatan perang yang mereka miliki.

Baru-baru ini beredar kabar bahwa para peneliti yang ada di Rusia telah menyelesaikan sebuah peralatan mata-mata militer terbaru. Peralatan mata-mata militer ini merupakan salah satu alat yang dinilai cukup penting dalam dunia militer. Alat ini di klaim mampu menjangkau daerah yang sebelumnya tidak mampu dijangkau oleh manusia dan juga alat-alat berat yang lain. Yups, daerah yang dimaksud adalah daerah yang terdampak perang, misalnya daerah reruntuhan puing-puing gedung di wilayah perang, terowongan-terowongan bawah tanah dan juga sumur-sumur di wilayah perang.

Nah, alat mata-mata militer yang merupakan penemuan terbaru dari Rusia ini diberi nama Sphera. Sphera merupakan robot mata-mata militer dengan bentuk menyerupai bola kecil yang sekilas nampak seperti robot BB-8 pada film Star Wars. Robot Sphera dilengkapi dengan empat kamera 360 derajat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh serta memiliki lampu dioda, mikrofon dan pemancar yang bekerja via sinyal radio.

Sesuai dengan fungsinya robot Sphera ini sengaja di desain menyerupai bola agar memiliki mobilitas tinggi, sehingga dapat berguling di permukaan dan juga tetap beroperasi dengan baik meski dalam keadaan terguncang. Disamping itu robot Sphera juga mampu mengirimkan gambar yang direkam secara otomatis dan suara dengan kualitas cukup jernih dari jarak 50 meter kepada operator secara real-time.

Sejauh ini robot Sphera diciptakan dengan tujuan untuk membantu operasi penyapuan ranjau di lingkungan-lingkungan berpenduduk dan daerah-daerah yang paling sulit dijangkau saat perang berlangsung. Bahkan kabarnya nih PiBi banyak pengamat menyebut jika kehadiran robot Sphera ini bisa mendukung negara Rusia dalam memperkuat pengaruh militernya di tingkat global. Wah karena efeknya yang cukup berpengaruh, bisa-bisa negara-negara lain juga ikutan bikin robot mata-mata nih PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar