I Like ItTau Gak Sih?

Salmon Memiliki Warna Jingga Kemerahan, Kenapa ? Ini Alasannya

Hai Sahabat Pibi,

Pernah enggak sih terfikirkan mengapa Salmon memiliki daging bewarna jingga kemerahan. Ikan yang terkenal dengan kandungan vitamin D dan protein yang tinggi ini berbeda dengan daging ikan lainnya yang cenderung bewarna merah.

Penyebab warna daging ikan salmon yang bewarna jingga kemerahan adalah makanan yang dikonsumsi ikan tersebut.

Dilansir dari Scienceline,ikan salmon liar mencari makanannya sendiri yakni udang-udangan dan zooplankton. Makananya ini dipenuhi dengan molekul karotenoid yang membuat dagingnya bewarna jingga kemerahan.

Dan akhirnya muncul pertanyaan, apabila Salmon tidak memakan udang-udangan maupun zooplankton apakan dagingyna masih bewarna jingga kemerahan?

Jawabannya tidak.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa perusahaan yang mengembangbiakan salmon. Daging ikan yang mereka ternak akan cenderung bewarna putih abu-abu.

Mengapa?

Hal ini disebabkan karena mereka memberikan makanan udang-udangangan dengan alasan menghemat biaya. Untuk mengakalinya mereka memberikan pewarna buatan, sampai-sampai mereka juga menyediakan katalog warnanya lho.

Sehingga ketika dijual, warna daging ikan salmon dari perusahaan sama dengan ikan salmon liar.

Pemberian pewarna makanan yang digunakan dalam salmon ini aman bagi tubuh manusia. Tapi dalam kadar tidak berlebihan ya.

Karena apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan mempengaruhi kesehatan mata karena pengaruh pigmen canthaxanthin.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close