Happy International Women’s Day, PiBi! Kamu udah tahu kan kalau setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari Perempuan Sedunia. Ini menunjukkan betapa pentingnya kehadiran seorang wanita dalam kehidupan kita.

Saking pentingnya sampai-sampai situs pencarian nomor satu di dunia, Google juga turut memperingatinya. Hari ini Google membuat sebuah doodledengan tema #HerStoryOurStory. Menariknya dalam doodle ini bukan hanya satu cerita saja yang dibuat, tapi terdapat 12 cerita yang berbeda.

Melalui hari spesial ini, Google ingin merayakan prestasi perempuan sambil menyoroti perjuangan berkelanjutan dalam mewujudkan kesetaraan gender. Kedua belas cerita tersebut dibuat juga oleh dua belas seniman wanita berbeda, diantaranya:

Fancesca Sanna – “Kotak”

Chihiro Takeuchi – “Usia dan Tahapan”

Karabo Poppy Moletsane – “Kemenangan Ntsoaki”

Anna Haifisch – “Nov 1989”

Saffa Khan – “Tanah Air’

Tunlaya Dunn – “Berbagi Kebaikan”

Laerte – “Cinta”

Philippa Rice – “Percaya”

Isuri – “Aarthi yang Luar Biasa”

Tille Walden – “Menit”

Kaveri Gopalakrishnan – “Di Atas Atap”

Esteli Meza – “Bibiku yang Bahagia”

“Masing-masing seniman tersebut menceritakan kisah-kisah unik, dengan tema universal, untuk mengingatkan bahwa kita memiliki kebersamaan. Dengan harapan kekuatan kata-kata dan gambar dapat membawa cerita inspiratif dan menggugah perasaan seperti empati, pengetian, dan semangat di hari ini,” jelas Google seperti yang dikutip dari The Sun.

Dalam perayaan Hari Wanita Sedunia kali ini menyatukan pemerintah global, organisasi wanita bisnis, dan badan amal. Kalau PiBi masih ingat, beberapa waktu lalu industri Hollywood tengah terjadi skandal yang cukup menghebohkan. Dan World Economic Forum’s Global Gender Gap Report menyebutkan dunia butuh waktu 217 tahun untuk menutup kesetaraan gender ini.

Menurut sejarah, awal mula munculnya perayaan Hari Wanita Sedunia ini terjadi pada 28 Februari tahun 1909 di New York. Perayaan ini diselenggarkan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat. Namun ada juga yang menyebutkan 8 Maret 1857 sebagai awal mula semangat wanita untuk menyetarakan gender mereka.

Saat itu ada seorang buruh wanita dari sebuah pabrik tekstil melakukan demonstrasi di New York. Ia menyuarakan keluhan dan harapan, diantaranya terkait upah buruh wanita yang dinilai masih dibawah rata-rata, berbeda dengan buruh pria. Berkat keberanian inilah kemudian banyak wanita yang terinspirasi akan semangatnya.

Nah sekarang kamu dapat melihat bagaimana perjuangan dan semangat wanita dalam memperjuangkan haknya, seperti meraih mimpi, mendapatkan kesembuhan, bahkan perjuangan seorang ibu untuk mengerti sang bayi melalui Google doodle hari ini.

Kamu bisa buka langsung website Google dan bersiaplah untuk tercengang akan karya seni yang indah juga cerita yang inspiratif!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar