HobbiesI Like It

Sastrawan Inggris Jadi Google Doodle Hari ini, Intip Karyanya Yuk!

Jika kalian mengakses mesin pencari Google pada hari ini, Senin (18/09/2017), maka kalian akan melihat gambar sebuah buku dengan wajah orang tua di dalamnya. Ya, dia adalah Samuel Johnson, seorang sastrawan Inggris yang cukup fenomenal dan populer akan karya-karyanya dalam dunia kesusastraan.

2_78.jpg

Samuel Johnson atau yang lebih akrab disapa Dr. Johnson ini digadang sebagai bapak sastrawan Inggris lho, PiBi karena kepopulerannya di Inggris pada abad ke-18. Begitu pula dalam sejarah sastra, pria yang hari ini berulang tahun tersebut merupakan tokoh yang berpengaruh dan menjadi inspirasi bagi penyair, esais, moralis, editor, biographer, leksikografer, serta kritikus sastra di seluruh belahan dunia.

Sebuah karya tunggal yang paling terkenal dari Dr. Johnson adalah kamus yang diberi nama “A Dictionary of The English Language”. Tentunya kamus tersebut sudah tidak asing lagi bagi para sastrawan dunia, khususnya Inggris. Jelas saja, sebab karya spektakulernya tersebut sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa Inggris modern. Proses penciptaannya pun tidak mudah, PiBi. Dikatakan dalam penciptaan karyanya tersebut, Dr. Johnson menghabiskan waktu hampir 1 dekade lamanya!

Tidak sampai di situ, segudang karya lain yang diciptakannya juga menjadi inspirasi bagi perkembangan sastra dan bahasa di dunia lho, PiBi. Jadi, wajar saja jika Google merayakan ulang tahunnya guna mengenang seluruh jasa-jasanya yang sangat berperan penting dalam peradaban dunia.

Sumber: Google, BBC, Grace Elliot

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close