News & InformationScience

Satelit NASA Berlabuh di Asteroid yang Akan Menghantam Bumi

Palingbaru– Sahabat Pibi pasti sudah pernah mendengar tentang asteroid. Yaps, benda langit yang ukurannya kecil dan jumlahnya banyak sekali. Benda-benda itu tidak diam, sehingga tidak menutup kemungkinan pergerakan mereka akan menuju bumi juga.

Ngomongin asteroid, ada kabar terbaru nih dari The Guardian, katanya satelit NASA baru saja tiba di asteroid. Setelah perjalanan lebih dari dua tahun, satelit Osiris-Rex itu berhasil sampai di asteroid bernama Bennu.

Bennu dianggap beberapa ahli sebagai asteroid berbahaya, karena geraknya diprediksi akan menghantam bumi sekitar 150 tahun mendatang.s

Pesawat antariksa ini didorong oleh roket atlas V dari Capet Canaveral, Florida, pada dua tahun lalu. Awalnya NASA memprediksi satelit ini akan sampai di Bennu pada Agustus 2018.

Misi ini merupakan bagian dari ekspedisi untuk ilmu planet. Satelit tersebut bertugas mengumpulkan bahan dari Bennu yang akan digunakan untuk penelitian mengenai evolusi tata surya, pembentukan planet, dan menelusuri senyawa organik pembentuk kehidupan.

Bahan-bahan penelitian yang akan dicari Osiris-Rex itu adalah 60 gram debu dan kerikil. Sebelum mengambil material tersebut, satelit ini akan membuntuti Bennu selama setahun.

Barulah pada 2020 ia akan mendekati permukaan asteroid tersebut dan mengambil debu serta kerikil. Kemudian material itu akan disimpan di sebuah kapsul dan akan tiba di bumi pada 2023.

Misi pengamatan asteroid ini sebelumnya pernah dilakukan oleh pesawat antariksa Jepang. Bedanya, misi dari jepang itu ditujukan pada asteroid yang lebih dekat dengan bumi yang disebut Ryugu.

Nah, itulah satu dari sekian banyaknya eskpedisi yang dirancang NASA.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close