News & InformationScience

Saturnus Akan Kehilangan Cincinnya? Ini Temuan Ilmuwan

Palingbaru – Pada tiap planet punya keunikannya sendiri. Salah satu yang punya daya tarik adalah Saturnus karena dia punya cincin. Nah tau ga, sahabat Pibi kalau cincin itu tidak akan selamanya di sana?

Berdasarkan keterangan para ilmuwan yang dikutip dari Science Alert, cincin saturnus akan runtuh dalam waktu dekat dalam ukuran waktu ruang angkasa.

Pada dasarnya, para astronom sudah melihat beberapa benda langit yang membentuk cincin itu jatuh ke daratan Saturnus.

 

sumber : nasa.gov

Hanya saja, kejatuhan itu berlangsung secara perlahan. Hingga kemudian para astronom melakukan pengamatan pada proses peluruhan cincin itu.

Seorang ilmuwan planet bermana James O’Donoghue memperkirakan ‘hujan’ batu cincin itu dalam satu jam bisa mengisi satu ukuran kolam renang kelas Olimpiade Internasional.

Sementara untuk menunggu hilangnya keseluruhan cincin itu, perlu menunggu waktu sekitar 300 juta tahun. Angka itu terbilang terbilang lama kalau dibandingkan dengan umur Saturnus yang sudah mencapai usia 4 miliar tahun.

Tanda-tanda kejatuhan cincin ini sudah tertangkap jauh-jauh hari oleh satelit Voyager. Saat itu, ionosfer Saturnus terlihat berubah.

Usia dari cincin itu sendiri diperkirakan sudah 100 juta tahun, yang diperkirakan terbentuk oleh tabrakan satu bulan dengan komet.

Riset ini telah menunjukkan laju kerusakan dari cincin Saturnus secara konsisten. Jadi perkiraan hilangnya cincin Saturnus  dalam jangka waktu 100 juta tahun itu cukup banyak diiyakan oleh para ilmuwan.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close