HealthHow To

Sebelum Diet, Coba Perhatikan Enam Hal Penting Ini

PalingBaru- Menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Tidak sedikit yang sukses, begitupun yang gagal. Meskipun sekarang banyak jenis diet yang bisa dipilih. Tapi memang perlu hati-hati agar diet sukses dan badan tetap sehat.

Apakah diet beresiko sakit ? Tentu saja bila dilakukan asal-asalan. Asal ikut trend tanpa memperhatikan kondisi fisik masing-masing. Lalu apa yang perlu diperhatikan agak pilihan diet tepat dan hasil maksimal? Berikut tipsnya.

Cek Kesehatan

Cek kesehatan ini penting sebelum memilih diet yang akan diterapkan. Terutama hal-hal terkait kondisi gula darah, tekanan darah, dan sejenisnya. Dengan mengetahui kondisi kesehatan yang detail, diet bisa diatur dengan lebih tepat.

Kenali Aktifitas

Setiap orang tentu mempunyai kebiasaan aktivitas yang berbeda-beda. Jenis aktivitas ini harus dikenali untuk menyesuaikan dengan asupan gizi selama diet. Diet yang terlalu ketat tanpa memperhatikan aktivitas fisik sehari-hari bisa merugikan kesehatan juga loh…

Sesuaikan dengan budget.

Loh ada hubungannya dengan budget jug a? Iya donk. Karena ada beberapa jenis diet yang tetap disupport dengan makanan suplemen. Nah suplemen ini umumnya berbiaya relatif tinggi. Karenanya sebelum memakai pola diet seperti ini pastikan budgetnya bakal sesuai atau tidak.

Tetap Olahraga

Meskipun diet yang dipilih memberikan efek yang cepat dan signifikan,  misalnya dalam sebulan turun 5 kg, jangan abaikan olahraga. Bagaimana pun setiap orang tetap membutuhkan olahraga meski ringan dan durasinya singkat.

Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Kesehatan

Ini penting banget karena diet akan lebih terpantau. Hindari diet yang hanya ikut-ikutan tanpa melalui konsultasi dengan ahlinya. Apalagi bila memiliki kecenderungan gangguan kesehatan tertentu, seperti kadar gula darah cenderung rendah atau tinggi.

Disiplin menjalankan diet

Nah ini berawal dari niat yang kuat dalam menjalani diet. Apa pun pilihannya, bila sudah dikonsultasikan dengan ahli kesehatan dan diimbangi dengan olahraga, maka kedisiplinan menjadi kunci sukses diet.

Dengan memperhatikan keenam hal tersebut, jalankanlah diet dengan sebaik-baiknya, berpikir positif dan tidak stress. Hal ini penting agar diet tidak berujung pada gangguan kesehatan yang malah membuat semua rencana berantakan. Selamat mencoba ya..

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close