Selama ini, kita hanya bisa mengunggah foto atau video ke Instagram kan, PiBi? Tapi kita belum bisa mengunduh postingan Instagram. Baik itu postingan milik kita sendiri maupun postingan milik orang lain.

Banyak developer kemudian membuat aplikasi yang membuat kita bisa mengunduh postingan Instagram. Namun, developer Instagram sendiri belum juga menyediakan fitur unduh postingan.

Padahal, Facebook sebagai pemilik Instagram sudah memiliki fitur Download Your Information itu sejak 2010. Atau lebih tepatnya 6 tahun setelah Facebook diluncurkan secara resmi.

Nah, sedikit angin segar mulai berhembus nih dari Instagram. Karena mereka baru saja mengumumkan sedang mengembangkan fitur terbaru sebagai alat portabilitas data. Jadi, sesaat lagi kita akan bisa mengunduh postingan Instagram kita termasuk foto, video, dan pesan.

Tentu, fitur ini sudah ditunggu-tunggu oleh 800 juta pengguna selama 8 tahun sejak Instagram mulai diluncurkan. Termasuk kamu juga kan, PiBi? Kita jadi bisa menggunakan Instagram sebagai digital back up atas foto maupun video kita. Jadi kita tidak kebingungan ketika suatu hari foto atau video itu sudah kita hapus, karena kita masih bisa mengunduhnya dari Instagram.

Tetapi, belum ada kabar yang detil mengenai kemampuan dari fitur yang sedang dikembangkan ini. Apakah kita bisa mengunduh foto, video, dan pesan saja, atau kita juga bisa mengunduh data followers dan following, likes, comments, Stories, dan caption yang kita tulis untuk melengkapi foto atau video yang kita posting.

Belum jelas juga apakah kita bisa mengunduh data tersebut dalam ukuran yang sama ketika kita mengunggahnya, atau ukurannya akan berubah. Pihak Instagram sendiri mengatakan akan segera memberikan detil lebih lengkap ketika fitur itu dirilis secara resmi.

Yang jelas, kita bisa mengunduh foto dan video saja rasanya sudah senang. Iya kan, PiBi?

Dengan diluncurkannya fitur terbaru ini nanti, tentunya aplikasi mengunduh postingan Instagram akan tergeser begitu saja dengan mudah.

Kasihan, sih. Tapi kan teknologi memang harus terus bergerak di zaman digital ini, ya. Apalagi aplikasi sebesar Instagram.

Kita tunggu saja ya, PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar