Saat ini kita sudah harus semakin peka dengan isu lingkungan, PiBi. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan barang yang terbuat dari plastik karena sulit terdegradasi di lingkungan.

Close up Abstract of Colorful straw for background

Nah, produk plastik yang masih sering sekali kita gunakan adalah sedotan. Benar nggak? Setiap kita sedang kumpul-kumpul bersama teman atau lagi hangout di kafe kita sering banget membeli minuman yang disajikan dengan sedotan. Padahal, sedotan itu terbuat dari plastik dan hanya digunakan sekali pakai lalu dibuang.

Tapi, belum ada nih penemuan yang bisa menggantikan penggunaan sedotan plastik sekali pakai ini, PiBi. Hmm…gimana dong ya.

Eitsss! Nggak perlu khawatir karena sekarang sudah ada penemuan berupa sedotan ramah lingkungan yang bisa digunakan berkali-kali. Namanya adalah Final Straw buatan tim dari Los Angeles, California.

Final Straw ini sengaja dibuat untuk mengurangi masalah plastik di lingkungan saat ini. Berdasarkan fakta di lapangan, satu orang menggunakan 1-2 sedotan setiap hari.

Belum lagi nih, PiBi, polusi ekosistem yang dihasilkan dari sedotan ini cukup berat lho. Karena sedotan memiliki massa yang ringan sehingga mereka bisa terbawa angin menuju laut dan mengancam kehidupan ekosistem laut. Misalnya, penyu bisa saja salah mengira sedotan sebagai makanan mereka dan menelannya. Padahal, penyu tidak bisa mengunyah sedotan plastik itu. Seram, kan?

Sedotan plastik juga tidak bisa didaur ulang, PiBi. Mereka tidak bisa secara langsung terdekomposisi di lingkungan dan malah mencemarinya.

Dengan Final Straw, diharapkan akan bisa menekan penggunaaan sebanyak 584 sedotan plastik yang mencemari lautan dan daratan setiap tahunnya!

Final Straw dirancang dengan praktis lho, PiBi. Dari dalam wadah kecil itu kamu tinggal menarik sedotan yang terlipat dan menggunakannya untuk meminum jus atau minuman lainnya yang kamu pesan di kafe.

Sedotan Final Straw ini mudah dicuci dan aman untuk anak-anak, PiBi. Serta desainnya juga pas dalam genggaman, dan yang pastinya sangat ramah lingkungan!

Jadi, kita tidak perlu lagi deh khawatir akan mencemari lingkungan setiap kali menggunakan sedotan. Semoga saja ya Final Straw ini segera tersedia di Indonesia.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar