Social MediaTechnology

Selain YouTube, Aplikasi Ini Juga Pernah Down

Kehebohan terjadi saat tiba-tiba YouTube tidak bisa diakses Rabu pagi 17 Oktober 2018. Kehebohan terlihat dari mencuatnya hashtag Youtube Down di Trending Topic Twitter dan tempat perbincangan di berbagai grup Whatsapp.

Situs down atau tidak bisa diakses biasanya karena beberapa hal, antara lain karena tingginya jumlah pengunjung ke situs tersebut  dan memang ada gangguan sistem.

Gangguan sejenis yang dialami YouTube juga pernah terjadi pada situs lainnya. Situs apa saja?

Instagram

Layanan Instagram pernah juga tidak bisa diakses selama beberapa menit. Seperti biasa gangguan semacam ini menimbulkan kehebohan di kalangan netizen. Saat itu pengguna tidak bisa mengupdate feed instagram.

Facebook

Layanan yang masuk ke Indonesia pada tahun 2007 ini tercatat juga pernah mengalami down awal tahun 2018 ini. Akibatnya pengguna di berbagai negara tidak bisa mengakses Facebook.

Whatsapp

Aplikasi percakapan ini tercatat pernah down juga di tahun 2017. Sebagai aplikasi utama yang telah mengalahkan BBM dan mesenger lainnya, down nya Whatsapp tentu menimbulkan berbagai reaksi dari penggunanya. Seperti YouTube dan Instagram juga Facebook, saat down yang diramaikan adalah jagat Twitter.

Terganggunya akses di beberapa aplikasi tersebut tentu berdampak. Terutama para pebisnis ya.. karena sekarang bisnis kecil dan menengah banyak dilakukan melalui aplikasi-aplikas itu. Meskipun tidak besar, setidaknya aktivitas para pebisnis jadi tertunda.

Bagaimana dengan pebisnis besar ? Mereka yang menjalankan bisnis lewat situs sendiri ada juga kok yang websitenya tiba-tiba down. Website tidak bisa diakses selama beberapa waktu. Otomatis transaksi yang biasa dilakukan lewat website juga tertunda selama gangguan akses berlangsung.

Memang tak banyak yang bisa kita lakukan saat aplikasi atau website yang kita tuju down. Bersabar dan memanfaatkan aplikasi lainnya adalah pilihan tepat. Kecuali bila kita pemilik website, tentu akan berusaha keras memperbaiki dan mencegah gangguan tersebut berulang.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close