Indonesia berduka lagi, salah seorang musisi senior yang bisa disebut sebagai legenda telah menghela nafas terakhirnya pada Jumat (5/1/2017). Yon Koeswoyo, pria kelahiran 27 September 1940 tersebut dikabarkan meninggal dunia karena menderita komplikasi, salah satunya adalah liver.

Lahir dengan nama asli Koesyono Koeswoyo, sosok pria humoris ini terkenal dengan prestasi dan karya-karya yang telah diciptakan semasa hidupnya. Nama Yon Koeswoyo di Indonesia memang tidak bisa dianggap remeh. Sebab Yon Koeswoyo adalah salah satu musisi yang tergabung dalam grup band sepanjang masa, yaitu Koes Plus.

Dalam band yang awalnya bernama Koes Bersaudara tersebut, Yon Koeswoyo berkarya bersama saudara-saudaranya. Lagu-lagu yang dilantunkan oleh Koes Plus memang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, mulai dari notasi, lirik, hingga makna yang dikandung di dalamnya. Faktanya, penikmat lagu Koes Plus bukan hanya dari generasi tua saja, melaikan generasi muda juga cukup menggandrungi karya yang fenomenal tersebut. Koes Ploes sendiri merupakan sebuah band yang menjadi tonggak inspirasi banyak musisi di belantikan musik Indonesia.

Sebagai seorang legenda, lika-liku perjalanan sebagai musisi sudah dilaluinya. Contohnya pada tahun 1965, Yon Koeswoyo beserta saudaranya dijebloskan ke bui. Hal tersebut dikarenakan pada masa itu, Pemerintah memerangi seluruh band rock and roll yang dianggap sebagai musik “ngak ngik ngok”. Tapi jiwa seni yang dimiliki Yon Koeswoyo terlalu kuat. Di dalam bui sekalipun, dia dan saudaranya tetap berkarya hingga tercipta beberapa lagu, seperti “Balada Kamar 15” dan Di Dalam Bui” yang sempat hits pada masa itu.

Walau sekarang sedang berduka, tapi tidak sedikit musisi yang merasa beruntung kalau Indonesia memiliki Yon Koeswoyo. Sebab, perjalanan hidup serta karyanya bisa menjadi inspirasi banyak orang, khususnya musisi-musisi yang lahir pada generasi berikutnya. Mari kita doakan Yon Koeswoyo agar tenang dan diterima di sisi-NYA.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar