Science

Serial Chernobyl , Salah Satu Kisah Sejarah Terburuk di Dunia

Palingbaru – Chernobyl merupakan miniseries HBO terbaru yang sedang populer dikalangan pencinta budaya pop. Ditulis oleh Craig dan disutradari oleh Johan Renck, film ini bercerita tentang kecelakaan nuklir Chernobyl pada April 1986. Dibintangi oleh Stellan Skargard dan Jessie Buckley, serial satu ini merilis episode pertama pada 6 Mei lalu dan telah rampung dengan total 5 episode saja pada 3 Juni lalu.

Serial Chernobyl memiliki rating yang cukup tinggi, yaitu 9.6/10 dari IMDb dan 96% dari Rotten Tomatoes. Elain memiliki cinematic yang menakjubkan dan berkualitas tinggi, banyak sumber mengatakan bahwa serial ini telah berhasil membawakan sejarah yang akurat dengan cara yang dramatis.

33 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 April 1986, Chernobyl Nucler Power Plant di Ukraina mengalami ledakan pada jam 01.23 dini hari. Ledakan pada reaktor nomor empat memicu gas karbon monoksida yang menyebabkan kebakaran di Chernobyl selama Sembilan hari lamanya.

chernobyl

Tak hanya kebakaran yang tak ada habisnya, ledakan tersebut juga menyebarkan debu partikel radioaktif ke udara. 60% materi radioaktif menghujani Belarusia yang menyebabkan tanaman rusak dan mutasi hewan. Negara-negara tetangga juga merasakan dampak dari partikel radioaktif, diantaranya Skadinavia, Swiss, Yunani, Itali, Prancis, dan Inggris.

Bencana nuklir Chernobyl ini memakan lusinan korban meninggal dengan total dua orang meninggal di tempat, dekat dengan mesin reactor. Sementara warga yang masih selamat akhirnya juga meninggal beberapa bulan kemudian karena Sindrom Radiasi Akut. Adapun 4000 anak-anak dan remaja yang akhirnya terjangkit kanker tiriod akibat musibah ini.

chernobyl 1

Sementara hewan-hewan yang baru saja lahir mengalami banyak cacat, mulai dari tambahan organ tubuh, warna yang abnormal, hingga ukuran tubuh hewan yang tidak sempurna.

Bisa PiBi bayangkan betapa besarnya dampak dari satu ledakan nuklir. Semuanya tampak seperti film fiksi ilmiah, namun radiasi nuklir memang sangat berbahaya dan hal itu pernah terjadi dalam sejarah umat manusia.

Untuk lebih tahu detil tentang salah satu kejadian terburuk dalam sejarah, PiBi bisa menonton serial HBO terbaru, Chernobyl.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close