News & InformationScience

Setelah 600 Tahun Tertimbun, Ukiran Kuno ini Akhirnya Ditemukan

Palingbaru – Bangunan yang sudah berusia ratusan tahun memang selalu menarik buat diungkap. Nah, kali ini ada penemuan baru soal ukiran batu.

Ukiran batu itu, menurut keterangan dari The Independent telah tertimbun selama 600 tahun. Kini barang kuno itu berhasil ditemukan di satu makam katedral di Skotlandia.

Sumber: The Independent

Gambar dari ukiran tersebut mirip dengan karakter seorang santo. Barang itu ditemukan dalam keadaan menghadap ke satu tembok.

Makam tempat ditemukannya ukiran tersebut berlokasi di Dunkeld Catedral di Perthshire. Katedral itu diklaim sebagai tempat ibadah kristiani sejak abad ke 15.

Seorang pelestari batu bernama Colin Munir mengatakan bahwa penemuan ini sangat menakjubkan, dan akan memperkaya pemahaman tentang sejarah Katedral Dunkeld dan ukiran batu di akhir Abad Pertengahan.

Selain itu, penemuan ini juga menjadi dorongan untuk penelitian lebih lanjut dan penyelidikan situs-situs.

Munir mengaku, untuk saat ini ia tidak tahu apakah ada barang antik lainnya di sana, juga masih mempertanyakan kenapa kuburan itu pernah dipindahkan.

Sumber: Pantau

Sebagai upaya konservasi lebih lanjut, bangunan makam itu akan terus dilindungi. Di samping itu, Munir bergarap agar bisa mengungkap rahasia lainnya dan tetap bersemangat untuk mengungkapnya.

Lokasi ditemukannya ukiran batu ini telah lama menjadi tempat yang penting bagi kegiatan kegerejaan, dengan peninggalan-peninggalan dari St. Columbia yang dibangun ke Dunkeld dari Iona.

Pemindahan itu konon dilakukan oleh Raja Kenneth Mc Alpin pada 849.

 

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close