NewTechnology

Setelah Bulan Buatan, Kini China Membuat Matahari Buatan

PalingBaru – Hai sahabat Pibi, sudah tau kan kalau China sedang membuat bulan buatan?

Yap, bulan itu akan menggantikan lampu jalanan dan menyediakan listrik murah bagi kebutuhan masyarakat urban.

Nah, kali ini China dikabarkan sedang membuat matahari buatan. Sebagimana dikutip dari Economic Times, upaya ini konon sebagai percobaan untuk menciptakan sumber energi alternatif di bumi.

Proyek eksperimen china mengembangkan Matahari buatan. Sumber foto Xinhua

Hefei Institutes of Physical Sciences adalah lembaga yang ada di balik proyek ini. Mereka sedang melakukan penyatuan atau fusi reaktor, sebagai usaha untuk membuat simulator matahari berbasis bumi.

Yang menakjubkan, para ilmuwan itu telah mengklaim bahwa matahari buatan ini bisa memproduksi temperatur sebesar 100 juta derajat Celcius di dalam simulator.

Angka temperatur itu melebihi panas matahari sesungguhnya. Yakni lebih panas 15 juta derajat Celcius.

Di dalam reaksi peleburan, dua inti atom digabungkan. Ini berbeda dengan reaksi peleburan yang digunakan pada reaktor-reaktor nuklir yang biasanya, yakni dengan memisahkan atom.

Reaktor fusi akan membuat lebih banyak listrik, sedang produksi limbah berbahanya  sedikit.

Bagian dari projek Eksperimen membuat matahari buatan. sumber foto. Fircrof

Namun, fusi nuklir sangat membutuhkan temperatur awal yang sangat besar. Sementara para ilmuwan berharap 100 juta derajat Celcius bisa menjadi modal yang cukup untuk bisa memulai sebuah fusi reaksi ini.

Walau demikian, para ilmuwan perlu menangani temperatur yang super tinggi itu, karena dalam jangka waktu yang panjang matahari buatan ini bisa menjadi sebuah sumber energi yang praktis.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close