Uncategorized

Setelah Pensiun dari NBA, Kini Shaquille O’Neal Jadi Diplomat Amerika

Shaquille O’Neal bisa jadi adalah pahlawan bagi para penggemar LA Lakers setelah ikut membawa tim yang bermarkas di Staples Center, Los Angeles, tersebut menjuarai NBA selama tiga tahun berturut-turut. Setelah pensiun, Shaq, panggilan akrabnya, kini juga menjadi tumpuan pemerintah Amerika Serikat dalam hal diplomasi.

Tanggal 25 Juni lalu Shaq O’Neal tiba di Havana, Kuba, sebagai U.S. Department of State Sport Envoy to Cuba (Duta Besar Olahraga Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat). Shaq adalah yang pertama mendapat posisi ini.

Selama empat hari hingga besok tanggal 28 Juni 2016, Shaq mengadakan berbagai coaching clinic dengan para anak muda Kuba yang menyukai dan ingin menjadi pemain basket. Ini adalah bagian dari program diplomasi pemerintah Amerika Serikat untuk memperbaiki hubungan baik dengan Kuba setelah relasi keduanya memburuk selama lebih dari lima dekade.

Diplomasi Shaquille O’Neal di Kuba (sumber: Telesurf TV)

Dengan prestasi dan popularitas Shaq O’Neal, diharapkan people to people diplomacy Amerika Serikat dengan Kuba akan semakin meningkat. Sosok Shaq O’Neal yang lucu dan ramah dirasa pas untuk mewakili masyarakat Amerika Serikat di negara yang dipimpin oleh Raúl Castro tersebut.

Dilansir dari Complex, sejauh ini para peserta coaching clinic Shaquille O’Neal berpartisipasi dalam latihan layup. Shaq juga memberikan kaos latihan gratis bertuliskan namanya kepada anak-anak muda itu. Tidak hanya serius memberi pelatihan, peraih gelar MVP ini juga bercanda dengan mereka agar suasana latihan lebih cair. Selain para peserta, para orangtua dan penduduk sekitar pun ramai mendatangi tempat latihan untuk bertemu mantan pemain basket yang dianugerahi gelar Basketball Hall of Fame ini.

Shaquille O’Neal dan Anak Muda Kuba (sumber: AP)

Kepada para reporter Shaq menjelaskan, “Baseball, sepak bola, basket — semuanya tentang olahraga. Kita memiliki banyak kesamaan. Kami ingin datang ke Kuba dan mengulurkan tangan persahabatan dan mulai meluruskan kesalahpahaman. Obama sangat baik mau membuka kembali pintu hubungan dengan Kuba untuk memperbaiki relasi dengan kepulauan yang indah ini.”

Hari ini, Senin tanggal 27 Juni 2016, Shaq akan memberikan workshop umum bersama dengan asisten pelatih dari Dallas Maverics, Kaleb Canales. Kemudian, agenda diplomasinya diteruskan pada hari Selasa  untuk bertemu dengan menteri olahraga, pakar olahraga, serta bintang-bintang basket Kuba.

(RF)

Baca Juga: 

Pengen Jago Main Bola Seperti Cristiano Ronaldo? Coba Aplikasi NIKE Soccer Ini!

Adidas Ace Primeknit EURO 2016, Sepatu Para Bintang Lapangan Hijau

A-Z, Label Baru Zlatan Ibrahimovic yang Siap Menyaingi Nike dan Adidas!

Berkolaborasi dengan Komedian Kevin Hart, NIKE Merilis Free Train Instinct Hart!

Adidas Yeezy Boost Akan Hadir Versi Anak-anak

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close