Setelah beberapa waktu lalu netizen sempat dihebohkan dengan terciptanya robot pemetik strawberry, kali ini ada robot baru yang sejenis nih, PiBi. Robot tersebut bernama Tomaco Picker. Sesuai dengan namanya, kamu pasti sudah tahu kan kehebatan dari robot ini? Yap, Tomaco Picker merupakan robot canggih dan unik yang berfungsi sebagai pemetik tomat yang sudah panen.

Tahukah kamu siapa yang menciptakan robot ini?

Yang membuat robot ini heboh bukan hanya karena manfaatnya, melainkan penciptanya, yaitu Panasonic Corporation. Seperti yang kamu ketahui, Panasonic selaku perusahaan elektronik terbesar di dunia memang jarang berkecimpung dalam urusan teknologi tumbuhan, terlebih industri tomat seperti itu.

Awal mula tereksposnya Tomaco Picker yaitu pada saat ajang International Robot Exhibition di Tokyo, Japan 2018. Panasonic memamerkan jagoan lucunya tersebut kepada seluruh dunia. Alhasil, banyak pujian datang atas karya yang inovatif tersebut. Kabarnya, robot tersebut didedikasikan sebagai alat pembantu industri perkebunan tomat. Mengingat tenaga manusia terbatas, maka robot ini akan meringankan beban manusia dalam melakukan panen nantinya.

Yang membuat semua orang takjub dengan robot baru ini adalah sistem otak yang digunakannya. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, Tomaco Picker bekerja menggunakan teknologi algoritma deteksi wajah untuk mengidentifikasi benda (tomat). Jadi, robot ini akan mengetahui betul mana tomat yang sudah layak petik maupun belum. Hal tersebut karena deteksi otomatis yang membuat robot mengingat bentuk, posisi, serta warna tomat.

Hebatnya lagi, robot ini bisa memetik tomat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas pada tomat tersebut. Jadi, setiap tomat yang dipetik pasti tidak akan rusak tekstur kulitnya sebab robot ini memetiknya secara halus layaknya tangan manusia. Dikabarkan kalau Tomaco Picker bisa memetik 10 buah dalam 1 menit. Hebat kan?

Walaupun beritanya sudah menyebar ke seluruh dunia, tapi pihak pengembang masih ingin menyempurnakannya lagi hingga benar-benar layak kerja. Adapun pertimbangan yang masih dikembangkan mengenai kecepatan, kestabilan, serta keakuratan sensor yang terbenam di dalamnya.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar