I Like ItTau Gak Sih?

Siku Terbentur Menimbulkan Sensasi Kesetrum Litsrik ? Ini Penyebabnya

PalingBaru– Sahabat Pibi, pernah nggak sih, siku tangan mu tak sengaja terbentur benda keras dan kamu tiba-tiba merasakan sensasi kesetrum ?

Nah, umumnya saat merasakan sensasi kesetrum itu, tanganmu akan sulit digerakkan untuk beberapa saat.

Tahukah kamu apa penyebabnya ?

Memang, tubuh kita memiliki kandungan listrik yang berasal dari atom yang terdiri dari proton, electron, dan neutron. Tapi bukan itu penyebabnya.

ilustrasi

Ternyata tersangka utamanya adalah saraf kita sendiri. Saraf di dalam tubuh kita diselimuti oleh otot dan lemak. Fungsinya, untuk membantu merasakan panas, dingin, tekstur kasar dan halus, serta menggerakkan anggota tubuh.

Tapi saraf pada bagian siku memiliki perlindungan yang sangat minim. Karena inilah ketika terbentur akhirnya memunculkan sensasi kesetrum.

Sensasi kesetrum ini bermula, ketika siku terbentur, saraf akan menyampaikan sinyal ke otak karena sistem perlindungan. Ketika sinyal tersebut sampai ke otak, maka otomatis siku berkedut-kedut seperti tersengat aliran listrik.

Namun, ada yang harus diperhatikan nih. Apabila benturan hanya ringan, maka sensasi kesetrum akan menghilang sendiri dalam beberapa saat.

Ilustrasi

Tapi kalau benturannya terlalu kencang, bisa saja menyebabkan cedera pada saraf ataupun cedera pada jaringan disekitar siku.

Oleh karena itu apabila rasa kesetrum tak kunjung mereda, maka sebaiknya kamu berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close