AplikasiNews & InformationTechnology

Smart Hotel di China Tanpa Pelayanan Manusia, Cukup Pakai Smartphone

Lagi-lagi China membuat gebrakan baru. Rupanya negeri tirai bambu ini tak pernah berhenti berinovasi dalam dunia teknologi. Bagaimana tidak, populasi internet di dunia dipegang oleh China dengan lebih dari 746 juta penguna.

Hampir setiap sektor di China saat ini, sudah memanfaatkan sistem non-tunai atau cashless, untuk segala urusan, baik jual-beli, transportasi, dan lain sebagainya. Jadi nggak perlu ribet dengan urusan uang tunai lho.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh Platform aplikasi terbesar China, WeChat yang bekerja sama dengan InterContinental, yakni sebuah perusahaan perhotelan ternama untuk menciptakan smart hotel di Shanghai.

Banyak manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh smart hotel ini.

Dilansir dari The Verge, Nantinya, pengguna hotel bisa melakukan pemesanan hingga check-in jarak jauh. Selain itu, membuka pintu kamar hotel hanya menggunakan smartphone, tanpa memerlukan bantuan manusia lagi.

Mulanya, seusai pelanggan menyelesaikan proses pemesanan, mereka akan diminta untuk verifikasi identitas di hotel hanya dengan menggunakan facial recognition (pengenal wajah). Setelah itu, pelanggan bisa mendapatkan kunci kamar digital. Mudah banget kan?

Selain itu, para pelancong bisa melakukan transaksi pembayaran, kemudian mengoperasikan fasilitas kamar seperti AC dan membuka atau menutup gorden serta menyalakan atau mematikan lampu hanya menggunakan aplikasi WeChat.

Untuk mengambil sarapan pun, pengguna hotel hanya cukup memindai wajah di area makan dan sarapan pun bisa diambil.

Bagi pengguna hotel yang memesan kamar executive suite, mereka akan ditemani satu pelayan yang bekerja selama 24 jam yang bisa dipanggil menggunakan WeChat.

Oh iya, tak perlu takut kehilangan sinyal internet. Walaupun kamar berada di lantai yang tinggi, koneksi internet dijamin tetap stabil dan cepat. Kemudian, proses check out juga bisa dilakukan melalui aplikasi WeChat saja lho.

by Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close