Smartphone dengan layar yang bisa diakses di lengan kita, sudah mulai muncul menjadi sebuah ‘rencana masa depan’. Kita sering kan melihat prediksi masa depan yang salah satunya adalah mengakses semua hal di smartphone menggunakan lengan kita?

Nah hal itu sepertinya sedikit lagi akan menjadi nyata nih, PiBi. Karena tim riset dari Carnegie Mellon University telah membuat prototipe smartwatch yang bisa mengubah lengan kamu jadi layar touchscreen.

Wow beneran nih?

Smartwatch bernama LumiWatch ini memproyeksikan area permukaan yang interaktif ke lengan kita ketika kita mengenakan smartwatch tersebut. Tidak hanya sekadar proyeksi, tapi kita bisa menekan atau menggeser area yang muncul itu layaknya kita sedang mengoperasikan smartphone.

Misalnya, menggeser layar untuk membuka kunci dan memilih pesan untuk dibaca hanya dengan menyentuhkan jari kita ke area touchscreen di lengan kita. Keren banget, ya!

Jam tangan ini bisa memproyeksikan tampilan dengan ukuran 40 cm persegi. Tim riset mengatakan ukuran itu 5 kali lebih besar dari tampilan layar smartwatch pada umumnya.

LumiWatch terbuat dari logic board, proyektor, depth sensor, metal enclosure, dan baterai. Proyektor itu menggunakan 3 laser berwarna merah, biru, dan hijau. Proyeksi yang dihasilkan oleh smartwatch ini cukup terang untuk digunakan di luar ruangan.

Jam tangan ini memiliki proyektor scanned-laser, continuous 2D finger tracking, Qualcomm 1.2 Ghz quad-core CPU, Ram 768 MB, 4 Gb flash memory, dan baterai lithium ion 740 mAh dengan jaringan Bluetooth dan Wi-Fi. Smartwatch ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 dan bisa digunakan selama 1 jam nonstop.

Kesulitan yang dialami oleh tim riset ini adalah proyeksi ke lengan yang tidak memiliki permukaan datar. Selain itu juga mengatur mekanisme sentuhan yang dilakukan oleh jari pada area permukaan yang diproyeksi di lengan.

Smartwatch ini rencananya akan dijual dengan harga sekitar 600 USD. Model prototipe smartwatch ini berukuran 50mm x 41mm x 17 mm dan berukuran lebih besar dari Apple Watch.

Keren ya, PiBi. Tidak lama lagi kita akan bisa menggunakan lengan kita untuk mengakses smartphone!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar