Technology

Sony Walkman, Generasi Pertama Musik Portable

Palingbaru – Sony Walkman telah merayakan hari jadinya yang ke 40 tahun (6/7). Meski sudah tidak diproduksi lagi, gadget analog satu ini merupakan awal dari era musik portable yang seakarang sudah menjadi hal biasa buat PiBi.

Dilansir dari Cnet, 40 tahun yang lalu, tepatnya pada musim panas 1979, Sony meluncurkan pemutar musik portable yang diberi nama Walkman. Sony Walkman TPS-L2 dengan warna biru dan perak dan berat 397 gram ini memiliki dampak yang sangat monumental bagi pencinta musik pada saat itu. Dengan desain yang praktis dan dapat diselipkan ke sabuk celana atau dimasukan dalam tas, Walkman merupakan inovasi pertama musik portabel yang lansung laris manis.

sony walkman tps l2 2

Sony sendiri memiliki sejarah yang panjang sebagai pelopor alat pemutar musik portable. Dimulai pada tahun 1957, perusahaan ini meluncurkan “baby-corder”, sebuah pemutar “tipe-majalah”. Tak pernah berhenti mengembangkan produknya, pada tahun 1963, Sony menciptakan kaset sebagai tempat penyimpanan musik dengan pita portable. PiBi yang masih dalam angkatan 90-an pastinya masih ingat serunya berburu kaset dari penyanyi favorit yang original seharga kurang lebih Rp 25.000.

sony cassette

Tak berhenti di Walkman pemutar kaset, Sony juga meluncurkan Sony D-50 Discman, pemutar kaset dalam bentuk CD yang lebih modern dan memiliki fitur praktis tambahan seperti skip lagu. Berat Dicsman juga lebih ringan dari Walkman.

Hingga akhirnya era musik analog portable mengalami modernasasi lebih lagi dengan muncul iPod yang diluncurkan oleh iPod pada tahun 2001 oleh perusahaan Apple.

Secanggih-canggihnya era musik digital jaman sekarang dengan kapasitas yang lebh besar dan aplikasi berbayar yang lebih praktis, semuanya tidak akan ada tanpa Sony Walkman pertama dari tahun 1979.

 

by. Bernadetta Yucki 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close