News & InformationScience

Spesies Pohon ini Diperkirakan Akan Punah Sebelum Diberi Nama

Palingbaru – Sebagaimana sahabat Pibi tau, pembalakan liar masih ada, di samping itu juga banyak penebangan pohon yang dilakukan dengan sengaja.

Nah, ngomongin soal pohon, sebagaimana dikutip dari The Independent bahwa para ilmuwan sedang berupaya untuk mencari spesies pohon yang diperkirakan akan punah sebelum ia diberi nama khusus.

Nama genus dari spesies tersebut adalah vepris, diperkirakan memiliki 80 spesies dan banyak berdiri di tanah Afrika.

Namun, keberadaan mereka menurut beberapa ilmuwan sedang kritis dan terancam punah.

Upaya penemuan pohon itu sudah pernah dilakukan lebih dulu di tahun 2000 dan 2004. Dari enam studi, Hasilnya nihil. Mereka tidak berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan mereka.

Bahkan konon banyak pohon lagi yang terancam keberadaannya. Ini semua menurut para ilmuwan dihancurkan oleh ekspansi pertanian.

Para ilmuwan memandang bahwa persoalan ini mesti dibereskan dengan memperbaharui kondisi hutan beserta dengan gerakan konservasi flora dan fauna.

Penelitian pada vepris sendiri dilakukan untuk mengungkap khasiat minyak antimikroba dan antimalaria. Para ilmuwan bahkan optimis, dengan keberadaan spesie-spesies pohon baru itu akan jadi hutan cadangan yang unik. Di tengah kondisi lingkungan yang seperti ini, para ilmuwan berharap agar bisa menemukan beberapa spesies lagi.

Satu contoh telah dikumpulkan oleh penjaga hutan bernama Edwin Ujor di hutan Bali Ngemba, Kamerun pada 1951. Contoh itu diduga memiliki hubungan dengan genus vepris, tetapi pohon itu tidak terlihat lagi hingga kini.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close