HobbiesI Like It

Sport Tourism, Idola Baru Wisata Indonesia ?

PalingBaru- Sport tourism atau wisata olahraga memang sudah tidak asing lagi bagi Indonesia. Tapi belakangan ini sport tourism semakin diminati. Terutama karena semakin banyak daerah-daerah di Indonesia yang menggelar wisata ini.

Event wisata olahraga biasanya digelar rutin setiap tahun. Bukan hanya diminati wisatawan domestik, wisatawan asing juga minatnya tinggi terhadap event semacam ini.

Event wisata apa saja yang berhasil mengundang wisatawan mancanegara datang ke Indonesia?

Marathon

Olahraga lari berkilo-kilo meter ini sudah sering diadakan di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja Borobudur Marathon, Jakarta Marathon, Bromo Marathon, Bali Marathon,dll. Nah belakangan event marathon juga diadakan bersamaan dengan festival seni dan budaya.

Kalau dilihat dari lokasinya, para atlet memang disuguhi panorama yang keren selama marathon. Hal ini lah yang menarik bagi wisatawan. Jadi sekedar menonton pun akan menyenangkan.

Balap Sepeda

Ajang balapan sepeda sangat diminati juga oleh para atlit, baik dari dalam maupun luar negeri. Contohnya International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) di Jawa Timur, Tour de Singkarak, dll. Event tersebut melibatkan puluhan atlet mancanegara. Seperti Singapura, Thailand, Korea, Jepang, Amerika, dan beberapa negara Eropa.

Rute yang dilalui event ini beragam dan memang unik. ITdBI misalnya, lokasi yang ditawarkan adalah pegunungan dan sawah,  dengan medan yang bervariasi. Kawasan pegunungan Ijen yang indah menjadi daya tarik tersendiri.

Begitu juga dengan Tour de Singkarak yang melewati daerah-daerah eksotik di Sumatera Barat,seperti Bukit Tinggi, Danau Singkarak, dll.

Olahraga Air

Wisata olahraga air juga banyak loh di Indonesia yang menarik. Daerah Riau punya Pacu Jalur, Sumatera Selatan punya Triboatton, atau Sandeq Race yang digelar di Sulawesi Barat. Semua event tersebut berhasil menyedot antusiasme wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hampir semuanya juga merupakan perpaduan antara budaya dan tradisi kuno.

Misalnya Pacu Jalur, merupakan tradisi sejak jaman penjajahan Belanda di Kuantan Singingi Riau yang kini menjadi agenda rutin setiap Hari Kemerdekaan RI. Sandeq Race pun begitu. Balapan perahu ala nelayan tradisional Mandar.

Dan masih banyak lagi sport tourism yang semakin digemari oleh masyarakat. Kecendurangannya peserta juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Jenis wisata olahraga baru juga bermunculan.

Apalagi tiap daerah semakin menganggap sport tourism sebagai potensi yang bisa menarik wisatawan. Sehingga digabunglah dengan acara lain yang tak kalah menarik.

Jadi saat wisatawan datang ke suatu daerah, banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukannya.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close