News & InformationPeople

Stan Lee, Pencipta Tokoh Hulk & Spiderman Harus Pamit Selamanya

PalingBaru-  Sahabat Pibi, bagi kamu pecinta komik Marvel pasti sudah kenal betul dengan Stan Lee.

Yub, dialah orang penting dibalik terkenalnya tokoh-tokoh Marvel komik, seperti Spiderman, Hulk, Avengers maupun Captain America.

Tokoh-tokoh tersebut dilahirkan atas imajinasi Stan Lee, dan menjadi tokoh hero yang mendunia.

Namun, kabar mengejutkan terjadi senin (12/11) waktu Amerika, Stan Lee dikabarkan tutup usia. Pemilik nama asli Stanley Martin Lieber, itu meninggal dunia karena sakit, seperti yang dikutip dari nytimes.

Kesuksesan tokoh hero Marvel memang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan hidup Stan Lee.

Selepas lulus SMA, Ia memulai mencipta tokoh komik saat bergabung di WPA Federal Theatre Project. Mulanya, Ia bekerja sebagai asisten di Timely Comics, divisi komik dari penerbit Martin Goodman’s.

Pada tahun 1941, Lee mengisi teks untuk Captain America: Foils the Traitor’s Revenge. Namun setahun kemudian, ia terpaksa bergabung dengan militer (signal Corps) karena Amerika terlibat perang dunia ke II. Ia bertugas, membuat laporan, produksi slogan, dan film. Justru dari sini, daya imajinasinya semakin kaya.

Stan Lee menyadari bahwa komik memiliki pengaruh efektif dalam Kampanye. Ia membuat komik Spider Man sebagai alat kampanye melawan narkoba. Lee juga menggunakan komik sebagai aksi anti rasisme.

Tahun 1947, Lee bersama Jack Kiry, mendirikan perusahaan Marvel. Tokoh Hero Fantastic Four dilahirkan, menyusul Hulk, Thor, Iron Man, dan X-Men. Lee juga bekerja sama dengan Bill Everett menciptakan Daredevil dan bekerja sama dengan Steve Ditko, mencipta Doctor Strange dan Spider-Man.

Atas semua karyanya, Lee mendapatkan banyak pernghargaan. Ia pernah tercatat dalam Will Eisner Comic Book Hall of Fame pada 1994.

Saat ini, hampir semua komik karangan Lee diangkat kedalam layar lebar di Holywood yang selalu menjadi box office dalam dunia perfilman Holywood. Menariknya, hampir semua film superhero yang diadopsi dari karyanya, Lee selalu muncul sebagai cameo.

Dan pada saat Lee menginjak usia 95 tahun, ia harus menghembuskan nafas terakhirnya.

Selamat Jalan Lee, terima Kasih telah memberikan kami karya-karya hebat.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close