I Like ItTau Gak Sih?

Statue of Unity : Patung Pemegang Rekor Tertinggi Di Dunia

PalingBaru- Patung setinggi 182 meter dengan nama Statue of Unity baru saja diresmikan di India pada Rabu (31/10). Pembuatan Statue of Unity ini dipersembahkan untuk pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel yang didirikan di Negara bagian Gujarat. Pembuatan patung tertinggi ini merupakan salah satu proyek unggulan pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Statue of Unity memegang rekor sebagai patung tertinggi di dunia dengan tinggi dua kali lipat dari patung Liberty di New York. Selain itu, patung Statue of Unity juga mengalahkan patung The Spring Temple Buddha dengan ketinggian 153 meter yang terketak di Provinsi Henan, China.

Pengerjaannya Statue of Unity  pun tak main-main. Dibangun oleh perusahaan Multinasional Larsen dan Toubro, dengan mengerahkan 2.500 orang sebagian kecil diantaranya dari Cina. Patung Persatuan tersebut memakan biaya hingga US$430 juta atau sekitar Rp6,4 triliun.

Patung yang dibangun sejak tahun 2013 lalu itu, dirancang untuk menahan angin sekitar 180 knots/jam atau setara dengan kecepatan angin seperti badai kategori ketiga serta gempa bumi dengan kekuatan 6,5 magnitudo.

Dengan adanya patung State of Unity, pemerintah berharap mampu menjadikannya sebagai daya tarik di wilayah Gujarat, India. Untuk wisatawan yang berkunjung, akan dikenakan biaya masuk sebesar 350 rupee atau sekitar Rp 70 ribu untuk menikmati keindahan patung tersebut. Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang luas.

Untuk menopang wisata tersebut, pemerintah Negara wilayah Gujarat sedang membangun jalan raya sepanjang 3 km agar memudahkan wisatawan untuk mencapai patung tersebut dari kota terdekat, yakni Kevedia. Kemudian, pemerintah juga akan membangun Helipad untuk menunjang fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close