HobbiesI Like It

Suka Menulis ? 3 Profesi ini Bisa Jadi Pilihan

Buat kamu yang punya hobi menulis, banyak loh pilihan profesi yang cukup menjanjikan. Bukan hanya karena penghasilannya yang besar, tapi juga karena bisa dilakukan tanpa harus ke kantor.

 

Apa saja sih profesi yang mengandalkan kemampuan menulis?

 

Blogger

 

 

Profesi blogger semakin banyak diminati. Kaum perempuan mendominasi panggung blogger dengan berbagai niche. Mulai traveling, parenting, tekno, kecantikan, kesehatan, kuliner, otomotif, sampai sastra.

 

Blogger tanpa niche juga banyak. Biasanya blogger ini mengulas aneka ragam topik, tidak hanya fokus pada 1 topik atau tema. Mereka hanya mengkategorikan tulisan di blognya.

 

Blogger mendapatkan pemasukan dari beberapa sumber. Ada yang dari hasil kerjasama iklan dengan Google (adsense), ada yang hanya dari sponsored post.

 

Copy Writer

 

Copy Writer dibutuhkan oleh hampir semua lini bisnis. Semakin bertumbuh bisnis termasuk bisnis online, maka kebutuhan terhadap profesi copy writer juga semakin dibutuhkan. Copy writer menulis terkait promosi produk tertentu. Ada proses yang tidak sederhana juga dalam pembuatan konten.

 

Ghost Writer

 

Foto ilustrasi

Namanya saja sudah ghost writer, maka profesi ini tak kasat mata.. Waduh maksudnya gemana tuh?  Jadi ghost writer umumnya membantu menulis untuk berbagai keperluan termasuk konten buku. Ghost writer tidak disebutkan namanya sebagai penulis dari buku tersebut.

 

Ghost writer umumnya menerima pekerjaan bukan hanya untuk satu terbitan. Karenanya besar sekali peluang ghost writer untuk bisa mendapatkan pemasukan yang besar.

 

Ketiga profesi tersebut sudah umum ditekuni oleh kaum perempuan karena bisa dikerjakan dari rumah. Meski demikian profesi tersebut tidak berarti bebas dari tekanan. Karena profesi tersebut tidak lepas dari deadline. Selain itu dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan menulis tidak mengganggu pekerjaan rumah.

 

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close