I Like ItTau Gak Sih?

Surai Singa Ternyata Memiliki Fungsi Menarik, Kira-kira Apa ya?

Sahabat Pibi, kamu tahu kan kalau singa jantan punya surai lebar di leher dan kepalanya. Surai adalah rambut atau bulu tebal pada sekitar leher hingga kepala singa. Dan hanya hanya singa jantan saja yang punya surai, sedangkan betina tidak.

Ternyata surai ini memiliki fungsi lain. Pensaran kan ? keep on reading ya.

Dilansir dari Mentalfloss, ahli biologi seperti Charles Darwin menduga bahwa singa jantan memiliki surai atau rambut tebal untuk melindungi daerah yang rentan dari serangan singa-singa lain.

Charles Darwin

Namun seiring berjalannya waktu, ahli biologi lapangan mengamati perilaku singa lebih dekat. Mereka mengatakan bahwa ketika singa bertarung satu sama lain, mereka jarang menyerang wilayah leher atau kepala.

Malahan, singa tersebut lebih sering menyerang dari bagian belakang tubuhnya seperti punggung dan pinggul singa.

Lantas apa ya fungsi dari surai tebal singa jantan ? Padahal kalau dipikir-pikir, singa hidup di tempat yang gersang dan panas.

Sedangkan surai yang dimiliki singa jantan tidak membantu mendinginkan tubuh dan mengundang berbagai parasit yang hidup dalam surai tersebut.

Dan jawabanya adalah, surai pada singa jantan adalah berfungsi untuk menarik perhatian singa betina. Mirip sama kamu kan kalau lagi nyari perhatian si ‘dia’.

Seperti yang dilansir mentalfloss, para ilmuwan mengatakan, singa yang memiliki surai sehat dan gelap lebih disukai singa betina, karena singa seperti ini memiliki arti bahwa singa tersebut kuat dan sehat. Sedangkan singa yang bersurai lebih pucat menandakan singa tersebut stress dan kekurangan makanan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close