News & InformationScience

Tahu Gak, Kenapa Aroma Hujan Baunya Nikmat ? Ini Alasannya

PalingBaru- Pernah enggak sih kamu mencium aroma segar usai hujan turun. Apalagi ketika hujan pertama membasuhi bumi diakhir musim kemarau. Sehingga aroma unik pun tercipta.

Ternyata aroma tersebut bermana petrichor. Dan tahukah kamu, sebenarnya banyak orang yang menyukai aroma itu lho.

Para ilmuwan percaya, bahwa seseorang yang menyukai aroma petrichor, kemungkinan besar para leluhurnya (orang tua) dulu juga menyukai  aroma tersebut.

Tapi bagaimana ya kira-kira aroma nikmat ini terbentuk.

Selama musim kemarau, tanaman mengeluarkan minyak, dan minyak ini terlepas ke udara. Selain itu, petrichor juga muncul akibat zat kimia yang diproduksi bakteri Actinomycetes di dalam tanah yang lepas ke permukaan.

Sehingga, reaksi antara air hujan dengan komponen ini yang membuat aroma petrichor. Sampai-sampai aroma ini dibuat sebagai bahan parfum. Salah satunya parfum yang dikembangkan oleh mahasiswa ITB yang menciptakan parfum dengan aroma bau tanah setelah diguyur hujan.

Selain petrichor, masih ada unsur lain yang menimbulkan aroma nikmat ini, yakni ozon. Ketika hujan badai, petir akan memisahkan molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer dan berubah menjadi nitrit oksida. Zat ini akan berkombinasi dengan senyawa kimia lain di atmosfer dan membentuk ozon.

Jadi, kalau kamu tiba-tiba menghirup udara aroma hujan, kemungkinan angin dari hujan badai akan datang. Karena hujan badai ini membawa ozon, sehingga baunya pun tercium oleh indra penciuman kita.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close