(Foto : Istimewa)

Kamu pasti setuju kalau warna adalah salah satu elemen penting yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia dalam banyak hal. Mulai dari rasa, persepsi, psikologi, hingga emosional. Jika dijelaskan secara ilmiah, warna yang dilihat mata akan langsung berinteraksi dengan bagian otak yang bernama Hipotalamus yang kemudian mengirimkan sinyal kepada kelenjar pituitary. Setelahnya, sinyal tersebut akan diteruskan ke tiroid. Nah tiroid inilah yang akan menghasilkan berbagai macam hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati.

(Foto : Istimewa)

Hal tersebut sesuai dengan kutipan yang dicupakan oleh Peter Goldmark, insinyur asal Hungaria yang mengatakan kalau warna dapat mengubah persepsi manusia, maka dari itu banyak perusahaan TV yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Dan tidak hanya perusaahan TV loh, industri atau perusahaan besar lainnya pun sangat sensitive dalam urusan warna. Karena mereka sangat mengerti betapa hebatnya kekuatan warna dalam mempengaruhi psikologi manusia. Neil Patel, seorang konsultan bisnis dan ahli SEO juga mengatakan warna adalah hal yang sangat penting, dalam quotenya, ia mengatakan “85% alasan orang membeli sebuah produk adalah karena warna”.

Nah, sampai sini kamu sudah paham kan kalau warna sangat penting dalam kesuksesan brandmu? Kalau sudah paham, yuk kita kenali satu-persatu warna yang cocok digunakan untuk industri atau usaha.

1. Biru

(Foto : Istimewa)

Menurut informasi yang dihimpun, warna biru bisa menunjukkan rasa percaya, kecerdasan, kepemimpinan, kesetiaan, hingga ketenangan. Itulah mengapa warna biru sering digunakan oleh perusahaan yang bermain dengan data. Sehingga, media sosial terbesar yang menyimpan milyaran data manusia di dunia menggunakan warna biru, yaitu Facebook dan Twitter. Tapi warna biru kurang cocok digunakan sebagai brand makanan loh, PiBi. Karena menurut ilmu psikologi, warna biru memberikan kesan dingin yang menurunkan nafsu makan kita. Jadi, kamu tahu kan kalau warna biru sangat cocok digunakan untuk perusahaan data dan jangan gunakan warna biru sebagai brand kulinermu.

2. Kuning

(Foto : Istimewa)

Sebagian data menyebutkan kalau kuning adalah warna peningkat konsentrasi serta penarik perhatian terbaik. Maka dari itu, kebanyakan rambu-rambu lalu lintas menggunakan warna kuning sebagai warna dasarnya. Tapi kamu harus hati-hati dalam porsinya, karena jika kuning terlalu mendominasi maka persepsi yang dihasilkan adalah kegelisahan dan berlanjut kemarahan. Jadi, kalau kamu ingin menciptakan brand yang ingin diperhatikan oleh orang, maka gunakanlah warna kuning yang seimbang, tidak banyak dan tidak sedikit.

3. Oranye

(Foto : Istimewa)

Dari informasi yang dikumpulkan, oranye ternyata memiliki makna happy, menyenangkan, impulsive, serta kompetitif. Percaya atau tidak, orang yang memandang warna oranye akan terangsang otaknya untuk lebih aktif dalam bergerak serta berpikir. Maka dari itu, warna oranye sering digunakan sebagai warna brand produk olahraga yang menuntut tubuh untuk bergerak lebih aktif.

4. Hijau

(Foto : Istimewa)

Warna ini adalah warna yang paling banyak difavorikan oleh orang. Yap, hijau merupakan warna yang identik dengan tumbuhan, maka dari itu warna hijau adalah warna yang paling sedap dipandang oleh mata. Nah, maka tak heran kalau beberapa brand restaurant, makanan, serta, minuman menggunakan warna hijau yang melambangkan kesegaran. Dan, kabar punya kabar, warna hijau adalah warna yang paling mudah dijangkau oleh mata dalam jarak yang jauh. Dengan begitu, cocok juga digunakan sebagai kain penutup warteg #Eh

5. Ungu

(Foto : Istimewa)

Ungu sering dinobatkan sebagai warna janda, iya kan? Tapi ternyata ungu memiliki makna yang lebih dari itu loh, PiBi. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, ungu merupakan warna yang identik dengan harta, kekayaan, serta kemewahan. Selain itu, ungu juga bisa dipersepsikan sebagai warna yang kalem, halus, tenang, serta santai. Maka dari itu, warna ungu sangat cocok digunakan sebagai warna rumah atau kamar. Nah, karena sadar akan hal tersebut, warna ungu biasanya digunakan oleh bisnismen yang bergerak dalam industri property.

6. Merah

(Foto : Istimewa)

Siapapun pasti merasa semangat kalau sudah melihat warna ini. Yap, warna merah mengandung arti berani, kuat, serta menarik perhatian. Merah biasanya dipadukan dengan warna kuning. Warna merah sering digunakan sebagai warna brand perusahaan makanan karena merah dipercaya dapat merangsang hawa nafsu untuk menyantap makanan. Selain itu, merah juga sangat cocok digunakan dalam brand jual beli online, karena juga bisa membangkitkan nafsu untuk membeli produk yang telah diminatinya.

Nah, itulah beberapa warna yang katanya sering digunakan sebagai teori dasar dalam membentuk sebuah brand. Semoga bermanfaat ya, PiBi!

Sumber : Techinasia, Youtube

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar