I Like ItTau Gak Sih?

Tahukah Kamu, ES Batu Pernah Jadi Barang Mewah di Indonesia

Tahukah kamu, Es Batu pernah menjadi sajian mewah di Indonesia ? Bahkan yang bisa mencicipi hanya bangsawan dan orang kaya.

Tentu saja, Es Batu bukan berasal dari di Indonesia. Untuk mendatangkannya, ES batu sengaja di Import dari Amerika serikat. Pada tahun 1846, Surat kabar Kavasche Courant menulis, sebuah kapal besar dari Boston, Amerika Serikat, membawa es yang yang dipesan oleh Roselie en Co. Kabar ini menyebar hingga ke Benteng Batavia setelah adanya pemberitaan tersebut.

Seperti yang dilasir nationalgeographic, waktu itu Bea Cukai dibuat sibuk karena mereka belum memiliki aturan mengenai impor es batu.

Semua orang yang mendengar kabar tersebut mulai membicarakan keberadaan es batu. Mereka menyebutnya batu-batu putih yang jernih seperti kristal, dan akan membuat tangan mereka beku ketika memegangnya.

Tak lama kemudian, muncul sebuah iklan di mana Roselie en Co menjual es batu tersebut dengan harga 10 sen setiap 500 gram. Tentu saja harga yang sangat mahal pada waktu itu.

Es batu menjadi barang impor yang berharga dari Amerika, maka dari itu perlu tempat aman untuk menyimpannya agar tidak mencair. Hingga sebuah surat kabar yang bernama Javasche Courant menampilkan artikel tentang bagaimana cara menyimpan es batu yang menggunakan selimut wol.

Beberapa tahun kemudian setelah kemunculan es batu pertama kali di Indonesia, es batu diyakini dapat menjadi obat sariawan. Pemerintah Belanda saat itu akan memberikan bonus hingga 6.000 Gulden bagi siapa saja yang bisa mengantarkan es batu ke rumah sakit du Batavia untuk mengobati tentara yang terkena sariawan. Kejadian ini berlangsung hingga tahun 1870. Setelah itu, pabrik es di Batavia mulai dibangun.

Selang 10 tahun kemudian, bermunculan pabrik es di berbagai daerah seperti Tegal, Semarang, hingga Surabaya. Pabrik es pertama di Batavia terletak di Molenvliet, yang kini bernama Jalan Gadjah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, serta di kawasan Petojo.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close