News & InformationScience

Tahukah kamu kenapa bayi selalu tersenyum ? Inilah Faktanya

Palingbaru-  Sahabat Pibi,..  Bagaimana reaksimu melihat senyuman bayi yang baru lahir ? Gemas, ikut tersenyum, atau tertarik segera mendekatinya dan mengajak bercanda ? Ya begitulah reaksi umum.

Tapi Tahukah kamu dibalik senyuman bayi yang baru lahir.  Sejumlah peneliti mencoba memahaminya, dan menemukan beberapa fakta berikut ini.

Gerakan Refleks

Para peneliti menganggap bayi tersenyum adalah gerakan refleks, dan bukan suatu kesengajaan. Para peneliti melihat, bayi yang baru lahir punya keterbatasan, seperti merasa, dan mengekspresikan emosinya. Anggapan setidaknya mengemuka pada paruh kedua abad 20.

Respon tingkahnya sendiri

Berbeda dengan anggapan gerakan refleks, aliran ini melihat bayi tersenyum karena respon kepada tingkahnya sendiri. Para peneliti menganggap, bayi sudah bisa mengatur diri. Diantaranya, mampu memutuskan kapan waktu tidur, saat dirinya merasa stress.

Bahkan sudah bisa meniru senyuman orang dewasa, di 36 jam pertama dalam hidupnya, dan mampu belajar dari pengalamannya sendiri. Kesimpulan ini muncul setelah melakukan penelitian selama 50 tahun.

Ekspresi emosional

Klaim ini datang dari Charles Darwin, ekspresi emosional berlaku umum bagi manusia berapa pun usianya termasuk bayi yang baru lahir.

Ekspresi emosi ini adalah bawaan lahir, sehingga senyum bayi yang baru lahir merupakan ekspresi emosi. Setidaknya, Darwin menyimpulkan setelah mengobservasi senyuman pertama anaknya sendiri.

Anggapan ini diperkuat, dengan riset terhadap 957 orang tua yang mengamati senyum anaknya yang baru lahir. Mereka mengatakan bahwa bayi mereka rata-rata melakukan senyum ekspresinya pada minggu keempat kelahirannya.

Jadi, begitulah senyuman bayi masih misterius apakah karena refleks, respon tingkahnya sendiri atau karena faktor ekspresi. Tapi yang jelas senyuman bayi memang sangat lucu.

By Abdul Hamid  

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close