HealthNews & Information

Tahukah Kamu, Susu Kecoa Kaya Nutrisi ?

Minum susu sapi,kerbau, kambing, atau unta mungkin sudah biasa. Bagaimana kalau susu kecoa ?

Eits tunggu dulu,… Kocoa yang dimaksud bukan kecoa sembarangan yang ada di rumah kamu. Tapi, jenis kecoa kumbang pasifik (diploptera punctata).

Berbeda dengan kecoa pada umumnya yang berkembang biak dengan bertelur, kecoa jenis ini berkembang biak dengan cara melahirkan sehingga dapat diambil susunya.

Sama seperti hewan yang melahirkan lainnya, kecoa pasifik juga menyusui anak-anaknya ketika mereka telah lahir. Susu kecoa tersebut akan berupa cairan kental berwarna kuning pucat yang berasal dari kantung sang induk. Kabarnya, susu ini memilki kandungan protein lebih tinggi dari susu kerbau.

Ilmuwan dari Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine (inStem) di Bangalore, India, pada tahun 2016 silam menemukan struktur kristal protein susu di tubuh kecoa. Setelah diteliti, ternyata kristal susu tersebut adalah zat paling bergizi di muka bumi ini.

Para peneliti bahkan beranggapan bahwa susu kecoa pasifik bisa saja menjadi salah satu makanan pokok manusia di masa depan. Sampai saat ini para peneliti masih mencari, apakah susu kecoa ini bisa dikonsumsi oleh manusia, atau tidak.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close