News & InformationScience

Tahun 2018 Tercatat sebagai Penyumbang Emisi Karbon Terbesar

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, sebentar lagi tahun 2018 akan berakhir. Tentu banyak sekali hal yang sudah terjadi pada tahun ini. Nah, sebelum menyambut tahun baru nanti, kamu perlu tahu bahwa tahun ini adalah penyumbang polusi karbon terbesar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut The Independet, peningkatan emisi karbon global pada tahun 2018 ialah  disebabkan karena perkembangan pada permintaan sumber energi dan keengganan beberapa negara untuk lepas dari tenaga batu bara dan  minyak bumi. Hal ini tercatat telah menyumbang peningkatan emisi karbon global sebanyak 2 persen.

Polusi karbondioksida melonjak pada 2017 setelah tiga tahun mengalami penurunan. Data ini sempat mengundang dugaan bahwa dunia berhasil membasmi limbah tersebut.

Penyumbang limbah ini adalah batu bara. Sumber energi tersebut pernah mengalami penurunan pada 2013. Namun di samping itu penggunaan bahan bakar minyak bumi merangkak naik.

Penggunaan minyak bumi itu justru meningkat pada tahun ini, karena banyak sekali orang yang masih melakukan perjalanan menggunakan mobil, truk, dan pesawat.

Meski ada yang menyatakan bahwa penggunaan bahan bakar minyak ini bisa menumbuhkan ekonomi negara, tetapi kenyataan lain mengungkapkan bahwa pengurangan emisi karbon itu bisa dilakukan tanpa mengganggu pertumbuhan ekonomi.

Hal ini telah dibuktikan sejak beberapa dekade lalu, di mana 19 negara dari Britania Raya dan Amerika Serikat bisa berhasil mengembangkan ekonominya sambil menekan jumlah emisi tersebut.

Seorang ahli manajemen karbon dari University of Edinburg, Profesor Dave Reay, menekankan pada para pemimpin negara agar melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Meski ada pemimpin yang merasa sudah melakukan yang terbaik, menurut Dave berarti hal yang terbaiknya itu belum cukup, perlu usaha yang lebih baik lagi.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close