News & InformationScience

Tak Hanya di Usus, Ternyata Bakteri Juga Menghuni Otak

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, selama ini kamu sadar gak kalau tubuhmu sedang dihuni bakteri? Hmm.. sadar atau tidak, kehadiran bakteri ini dianggap telah memberi banyak pengaruh padamu. Mulai dari memberi efek pada kesehatan, gen, bahkan emosi.

Kumpulan dari makhluk super kecil ini disebut ‘microbiome’, seperti bakteri, jamur dan virus. Microbiome ini biasanya bersarang di bagian usus. Namun, ada penelitian terbaru yang menemukan bahwa kerajaan bakteri ini hinggap juga di otak.

Ilustrasi

Penelitian ini sudah dipublikasikan pada rapat tahunan para peneliti dari University of Alabama di Birmingham.

Hasil dari penelitian ini diklaim sangat penting, karena menemukan fakta terbaru tentang tempat tinggal mikrobiota. Temuan ini sekaligus merevisi penelitian sebelumnya bahwa mikrobiota itu hanya ada di usus.

Penelitian terbaru ini dipimpin oleh ahli neuroatom Rosalinda Roberts, ia bersama timnya menguji beberapa sampel 34 otak orang yang telah meninggal. Setengahnya mengidap skizofernia, dan sisanya diperkirakan sehat-sehat saja, sebelum meninggalnya.

foto Bakteri yang ditemukan. foto by Roberts, sumber sciencealert.com.

Hasilnya, sebagaimana dikutip dari Science Alert menunjukkan semua sampel mengandung bakteri dengan jumlah yang bervariasi. Rupa dari bakterinya sendiri ada yang berbentuk batang dan mengandung kapsul, nukleoid, ribososme, dan vakuola. Kepekatan bakteri ini pun bervariasi, sesuai dengan tempat bakteri tersebut bercokol.

Lalu sejauh mana bakteri  tersebut mempengaruhi sel-sel otak ? Peneliti masih menyelidikinya.

Para peneliti juga belum tahu pasti bagaimana bakteri tersebut bisa berada di sana. Salah satu peneliti bernama Roberts menduga, bakteri ini dibawa oleh pembuluh darah, yang kemudian menemukan sebuah tempat tinggal di dalam poros dan di bagian pelindung otak.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close