HobbiesI Like It

Tak Selalu Negatif, Berikut Manfaat Bermain Game Menurut Penelitian

Palingbaru – Bermain game selalu identik dengan kegiatan tidak produktif yang membuat orang jadi melupakan pekerjaan atau belajar. Hal tersebut bisa terjadi ketika jadwal bermain game tidak diatur yang bisa menimbulkan adiksi.

Game sendiri sebetulnya diciptakan sebagai sarana hiburan, sama halnya televisi, dvd player, smartphone, dan elektronik hiburan lainnya. Game merupakan hiburan interaktif yang bisa membuat pemainnya merasa bahagia dengan berbagai variasi masalah dan misi dalam sebuah game.

Tak selalu negatif, ada beberapa manfaat bermain game berdasarkan penelitian, nih, sahabat PiBi. Mau tau apa saja manfaat bermain game yang telah teruji secara ilmiah? Berikut pemaparan.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif.

manfaat bermain game 2

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan untuk memahami sebuah deskripsi atau informasi dari suatu objek. Semua game pasti memiliki aturan dan tutorial, hal ini membuat seorang gamer harus memahami informasi tersebut untuk bisa memenangkan permainan.

Tak hanya meningkatkan kemampuan kognitif saat bermain game, hal ini juga kan mempengaruhi pola pikiran sang gamer pada kehidupan sehari-hari.

Pada tahun 2016, Columbia University mengumpulkan 3.195 anak berusia antara 6 hingga 11 tahun. Menurut hasil survey yang diberikan pada masing-masing orang tua anak, anak yang diberi jatah bermain game selam 5 jam dalam seminggu memiliki kemampuan akademik yang baik dan berprestasi. Anak juga jadi ceria dan pandai bersosialisasi di sekolah

  1. Pandai berbahasa Inggris.

manfaat bermain game 3

Rata- rata game online atau game offline yang masuk ke Indonesia adalah game dari luar dengan deskripsi dan tutorial dalam bahasa Inggris. Secara tidak langsung, rutin bermain game dengan membaca deskripsi dan berkomunikasi dengan pemain lain dari negara lain bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seorang gamer.

Karena sebetulnya kemampuan berbahas bisa berkembang bukan karena jadwal belajar bahas Inggris yang padat, namun karena membangun kebiasaan berbahasa Inggris dalam bentuk apa pun.

  1. Menimbulkan sifat ambisius dan motivasi tinggi.

manfaat bermain game 4

Dilansir dari Psychology Today, Matthew Ventura membuat hipotesis tentang kecenderungan seorang gamer adalah orang dengan tingkat presisi tinggi karena terbiasa memfokuskan diri untuk menyelesaikan sebuah misi dalam game. Mereka juga tidak mudah menyerah ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Matthew pun melanjutkan hipotesis ini dengan melakukan investigasi dan pengamatan pada mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki hobi bermain game, cenderung ambisius dan terbiasa untuk menghadapi masalah dan mencari jawaban atau solusinya sampai terpecahkan. Sama halnya dengan bermain game.

  1. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas.

manfaat bermain game 5

Orang yang gemar bermain game memiliki otak kanan yang lebih aktif karena telah terbiasa berhadapan dengan dunia fantasi dan hal-hal lain yang bersifat imajinatif. Kebiasaan bermain dengan waktu yang teratur dan masih dalam batas wajar akan membuat pemainnya memiliki daya imajinasi tinggi dan lebih kreatif saat bekerja dalam sebuah proyek.

Tidak hanya kreatif menciptakan suatu ide, mereka juga kreatif dalam mencari alternatif pemecahan masalah.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close